Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Tiga Orang Kudus Baru Gereja

Venerabilis Placido Cortese. (Dok. Wikipedia)

ROMA, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengesahkan Dekrit tentang kebajikan heroik dari tiga Venerabilis yaitu Maria Cristina Cella Mocellin, yang menunda perawatan kemoterapi untuk menyelamatkan anaknya yang belum lahir. Enrica Beltrame Quattrocchi, yang kedua orangtuanya juga dibeatifikasi pada tahun 2001; serta Placido Cortese, seorang biarawan Fransiskan yang meninggal di bawah siksaan Gestapo.

Maria Cristina Cella Mocellin pada kehamilan anak ketiganya Riccardo, terkena penyakit sarkoma. Namun, Maria Cristina memilih untuk melanjutkan kehamilan, menjalani perawatan yang tidak akan membahayakan nyawa anaknya.

Venerabilis Maria Cristina Cella Mocellin. (dok. Vatican Media)

Penjaga Orang Tua

Sembilan tahun setelah kematian Maria Cristina di Roma, Gereja mengakui kebajikan heroik Enrica Beltrame Quattrocchi, putri bungsu dari Beato Luigi Beltrame Quattrocchi dan Beata Maria Corsini, yang meninggal pada usia 98 tahun. Keluarga mereka adalah keluarga yang menjalani jalan kekudusan, mewujudkan, kata Yohanes Paulus II ketika dia membeatifikasi Quattrocchi dan Corsini pada tahun 2001, bahwa “itu mungkin, itu indah, itu sangat bermanfaat dan itu mendasar untuk kebaikan keluarga, Gereja, dan masyarakat.”

Enrichetta Beltrame Quattrocchi. (dok. Vatican Media)

Enrica bermaksud mengikuti jejak saudara-saudaranya, Don Tarcisio, Suster Cecilia, dan Don Paolino, yang mengejar panggilan religious. Tapi takdirnya berbeda, panggilannya adalah menemani orang tuanya yang sudah lanjut usia. Ia lalu terlibat dalam pekerjaan sukarela dengan Putri Cinta Kasih St Vincent de Paulo. Bersama komunitas ini, ia pergi ke daerah yang paling sulit di Roma; dalam Aksi Katolik bersama ibunya; dan dia mengabdikan dirinya untuk mengajar. Sejak tahun 1976, ia menjadi Inspektur Kementerian Warisan Budaya dan Lingkungan.

Hidupnya ditandai dengan berbagai penyakit dan kesulitan ekonomi, tetapi terutama dengan doa dan partisipasi setiap hari dalam Misa. Kasih Tuhan adalah alasannya untuk hidup.

Korban Perang Dunia II

Ciri yang paling menonjol dari saudara Fransiskan Romo Placido Cortese adalah kemampuannya untuk memberikan dirinya sepenuhnya. Dia sabar, sederhana, selalu siap menghadapi situasi sulit seperti yang menjadi ciri tahun-tahun terakhir hidupnya. Lahir pada tanggal 7 Maret 1907 di Cres (sekarang di Kroasia), ia menjadi imam pada tahun 1930, melayani di Basilika Santo Antonius di Padua, Italia. Ia juga sempat menjadi editor majalah Il Messaggero di Sant’Antonio (Utusan St. Antoni).

Selama Perang Dunia Kedua, atas nama Nuncio Apostolik di Italia, Uskup Agung (kemudian Kardinal) Francesco Borgongini Duca, Romo Placido membantu interniran Kroasia dan Slovenia di kamp konsentrasi Italia, terutama di Chiesanuova, dekat Padua. Setelah gencatan senjata tahun 1943, ia bekerja tanpa lelah untuk memfasilitasi pelarian mantan tahanan Sekutu, serta orang-orang yang dianiaya oleh Nazi, termasuk orang Yahudi. Kesediaan ini ditafsirkan oleh Jerman sebagai aktivitas politik dan menyebabkan kematiannya.

Pada tanggal 8 Oktober 1944, melalui sebuah tipuan, ia dibujuk keluar dari Basilika St Antonius – yang merupakan daerah ekstra-teritorial dan dengan demikian di luar yurisdiksi pasukan pendudukan. Dia dibawa ke barak SS di Trieste di mana dia meninggal setelah disiksa dengan kejam. (Pena Katolik/AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini