Rosario dan Buku Doa milik Maria Ratu Skotlandia
Rosario dan Buku Doa milik Maria Ratu Skotlandia

Rosario adalah satu-satunya benda peninggalan sejarah yang masih ada dari kehidupan Maria Ratu Skotlandia. Harta manik-manik rosario emas yang pernah menjadi milik Maria, Ratu Skotlandia, itu telah dicuri. Artefak bersejarah bernilai lebih dari 1,4 juta dolar AS itu diambil dari Kastil Arundel, tempat rosario itu disimpan. Para pencuri juga kabur dengan beberapa barang emas dan perak lainnya yang dipajang.

Reuters melaporkan bahwa insiden itu terjadi Jumat, 21 Mei 2021. Kastil Arundel, yang baru saja dibuka kembali untuk tur, mencatat pembobolan itu terjadi pukul 10:30 malam. Saat polisi tiba, para pencuri sudah membawa barang rampasan mereka. Polisi sedang menyelidiki mobil yang ditemukan terbakar tak lama setelah pembobolan itu.

Maria, yang pernah menjadi ratu Prancis, digulingkan dari kekuasaan di Skotlandia demi putranya yang masih bayi, Yakobus, tahun 1568. Saat melarikan diri ke Inggris, dia berlindung pada sepupunya Elizabeth I, tetapi keselamatan ini tidak bertahan lama. Khawatir Maria akan mengklaim tahta, keramahtamahan Elizabeth berubah menjadi cemoohan. Maria dipenjara, dihukum karena berkomplot melawan pimpinan tertinggi, dan akhirnya dijatuhi hukuman mati.

Menurut laporan, tahun 1587, Maria membawa rosario emasnya, harta terakhirnya, ke tempat eksekusinya. Artefak itu akan menjadi berharga sebagai satu-satunya kenang-kenangan Ratu Skotlandia yang tersisa. Inilah salah satu alasan mengapa pencurian rosario itu menjadi perhatian nasional di Inggris.

Dalam sebuah laporan ICN, Profesor Kate Williams dari Reading University menjelaskan, “Ketika Maria melarikan diri dari Skotlandia ke Inggris, sebagian besar harta miliknya dijarah dan dibagikan. Kemudian setelah dia dieksekusi, hampir semua yang dimilikinya diambil dan dibakar karena orang-orang khawatir dia akan berubah menjadi martir Katolik. Jadi kami hanya punya satu peringatan kecil Maria Ratu Skotlandia, dan sekarang sudah hilang.”

Belum ada tersangka disebutkan dalam penyidikan. Pihak berwenang mencatat, karena kastil itu baru dibuka kembali hari Selasa, 18 Mei, pencurian itu mungkin dilakukan oleh pengunjung baru-baru ini. Mereka meminta siapa pun yang punya informasi relevan tentang pencurian itu untuk bersedia memberi kesaksian.(PEN@ Katolik/paul c pati/J-P Mauro/Aleteia)

shutterstock_1819883648
Kastil Arundel

Rosario Maria

Tinggalkan Pesan