Tahun Ignasian

Mulai Mei 2021 hingga akhir Juli 2022, Serikat Jesus merayakan tahun Ignasian untuk mengenang kehidupan Santo Ignatius dari Loyola, pendiri Jesuit. Tahun Ignasian akan dibuka Kamis, 20 Mei, peringatan 500 tahun Santo Ignatius terluka dalam Pertempuran Pamplona, 20 Mei 1521. Saat mempertahankan benteng Pamplona dari pasukan Prancis, kaki Santo Ignatius terluka parah setelah diserang oleh bola kanon. Hal ini menyebabkan masa penyembuhan lama yang memulai pertobatannya dan transformasi selanjutnya dari prajurit menjadi orang kudus.

Dalam tahun bertema “untuk melihat segala sesuatu yang baru dalam Kristus” ini, para Jesuit juga akan memperingati 400 tahun kanonisasi Santo Ignatius dan Santo Fransiskus Xaverius, 12 Maret 2022. Tahun Ignasian akan ditutup 31 Juli 2022, Pesta Santo Ignatius. Misa pembukaan tahun Ignasian akan berlangsung di Pamplona, ​​Spanyol, hari Kamis, 20 Mei 2021.

Dipandu dengan tema tahun Ignasian, Serikat Jesus berharap bisa mendorong setiap orang untuk mendapatkan inspirasi dari teladan Santo Ignatius dan perjuangan batinnya menuju pertobatan yang membawanya pada keakraban yang erat dengan Allah. Keakraban ini, pada gilirannya, menuntunnya untuk menemukan Allah dalam segala hal dan untuk melihat semua hal yang baru di dalam Kristus.

“Tahun Ignasian, pertama-tama, harus dilihat dari perspektif spiritual. Tahun itu memberi kita kesempatan menyoroti salah satu dari empat preferensi apostolik Serikat Jesus yakni menunjukkan jalan kepada Allah. Untuk itu, Santo Ignatius memberikan kita warisan luar biasa dari Latihan Rohani dan juga pencermatan spiritual,” jelas Pastor Pierre Belanger SJ.

“Dalam tahun ini, akan ada beberapa sumber daya seluruh dunia untuk lebih mengetahui Latihan-Latihan Rohani, sebuah cara untuk membantu kita menemukan kebebasan sejati dalam hidup kita, dan juga cara percermatan, dan tahu bagaimana mempertimbangkan masa depan, dan keadilan dalam menghadapi berbagai pilihan yang ditempatkan di hadapan kita. Dengan demikian, itu adalah kesempatan untuk mengetahui dan memperdalam spiritualitas Ignasian.”

Tahun Ignasian “adalah panggilan untuk mengizinkan Tuhan bekerja dalam pertobatan kita,” kata Pastor Arturo Sosa SJ, Pemimpin Umum Jesuit. “Kami mohon rahmat untuk diperbarui oleh Tuhan. Kami ingin menemukan antusiasme kerasulan yang baru di dalam diri kami, kehidupan baru, cara-cara baru untuk mengikuti Tuhan. Itulah mengapa kami memilih tema kami untuk tahun ini: untuk melihat semua hal yang baru dalam Kristus.”

Sebagai bagian dari kegiatan yang dijadwalkan untuk membuka tahun Ignasian, para Jesuit mengadakan prakarsa doa langsung secara online, 23 Mei pukul 20.00 (waktu Roma), dengan tema, “Para Peziarah bersama Ignatius.”

Berbagai provinsi Serikat Jesus di seluruh dunia juga menyelenggarakan beberapa inisiatif yang disesuaikan dengan konteks mereka untuk merayakan tahun Ignasian.(PEN@ Katolik/paul c pati/Pastor Benedict Mayaki SJ/Vatican News)

Tinggalkan Pesan