Paus Fransiskus dan para pemimpin agama lain dalam acara Doa Ekumenis untuk Perdamaian di Bari (AFP)
Paus Fransiskus dan para pemimpin agama lain dalam acara Doa Ekumenis untuk Perdamaian di Bari (AFP)

Sudah 100 tahun lebih, Pekan Doa untuk Persatuan Umat Kristen selama delapan hari, 18-25 Januari, menjadi saat khusus bagi umat Kristen di seluruh dunia untuk bersama-sama berdoa bagi persatuan dan pergerakan umat Kristen untuk semakin dekat menuju pemenuhan doa Perjamuan Terakhir Yesus “agar mereka semua menjadi satu.”

Karena, di belahan bumi selatan, bulan Januari merupakan waktu libur, Gereja mencari waktu lain untuk merayakannya, misalnya sekitar Pentakosta yang juga merupakan waktu simbolis untuk persatuan Gereja.

Tema tahun 2021, “Tinggallah dalam kasih-Ku dan kamu akan berbuah banyak,” diilhami oleh Yohanes 15:5-9. Tema itu dipilih untuk mengungkapkan panggilan umat Kristen untuk berdoa dan mengupayakan rekonsiliasi dan persatuan di dalam Gereja, keluarga manusia kita dan semua ciptaan.

Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin Vesper bersama para pemimpin Kristen lain untuk merayakan penutupan Pekan Doa untuk Persatuan Umat Kristen ke-54, Senin, 25 Januari. Seperti biasa, upacara itu akan berlangsung di Basilika Santo Paulus di luar Tembok, basilika kepausan yang secara tradisional dipersembahkan untuk acara-acara dan liturgi-liturgi ekumenis.

Sumber daya internasional untuk Pekan Doa untuk Persatuan Umat Kristen 2021 telah disiapkan oleh Komunitas Monastik Grandchamp di Swiss, sekelompok suster dari berbagai tradisi gereja yang disatukan oleh komitmen bersama untuk berdoa dan persatuan umat Kristen. Informasi lebih lanjut dan materi persiapan Pekan Doa itu bisa diakses di situs web Dewan Kepausan untuk Peningkatan Persatuan Umat Kristen.

Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (WCC) mengundang semua umat Kristen untuk ikut secara online dalam doa 25 Januari, hari terakhir Pekan Doa untuk Persatuan Umat Kristen. Dalam sebuah surat, penjabat Sekretaris Jenderal WCC, Pendeta Loan Sauca mencatat, “Karena pembatasan akibat pandemi virus Corona membuat sulit untuk berkumpul secara fisik di banyak tempat, perayaan online global ini akan memungkinkan kita berdoa bersama di mana pun kita berada.”

Acara doa online itu akan diadakan pada pukul 14.00 Waktu Eropa Tengah. Peserta yang tertarik bisa mengikuti acara itu di situs web WCC.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan