Umat di Kota Landgraaf Belanda bisa hadiri Misa Malam Natal di sebuah drive-in teater.
Umat di Kota Landgraaf Belanda bisa hadiri Misa Malam Natal di sebuah drive-in teater.

Warga negara Belanda, yang baru saja memasuki masa lockdown kedua selama setidaknya lima minggu, tidak dapat merayakan kelahiran Kristus dengan kebaktian tradisional dan Misa Tengah Malam serta Hari Natal yang indah karena menyanyi tidak diperbolehkan, dan jumlah umat yang diizinkan masuk ke gereja sangat terbatas.

Maka, dalam upaya kreatif untuk memungkinkan keluarga merayakan Misa Natal bersama, dan dengan cara yang layak, Uskup Roermond Mgr Harrie Smeets memutuskan untuk memimpin Misa Malam Natal, 24 Desember, di sebuah “drive-in” atau tempat menonton dengan menggunakan mobil di kota Landgraaf, selatan Belanda.

Mgr Smeets telah memilih tempat besar yang biasanya digunakan untuk festival musik agar sebanyak mungkin umat bisa menghadiri Misa malam itu. Keuskupan mengungkapkan bahwa 500 tempat parkir yang tersedia sudah terjual habis.

Sebuah komunike keuskupan itu menjelaskan bahwa umat beriman bisa mengikuti Misa dari dalam mobil mereka melalui dua layar besar yang dipasang di podium dan dengan radio mobil yang menyediakan audio. Mereka diminta tetap berada di kendaraan selama Misa dan hanya orang dari satu rumah tangga yang diperbolehkan dalam setiap mobil.

Meskipun demikian, ada aturan keamanan yang lebih ketat yakni tidak akan menerima komuni guna memastikan tidak akan ada kontak antara mereka yang berada di dalam mobil dan yang di luar.

Komunike itu juga mengatakan, selama Misa, lampu dan mesin mobil harus dimatikan, dan ini berarti untuk kebanyakan mobil, pemanas akan dimatikan sehingga peserta disarankan untuk berpakaian yang sesuai.

Guna membantu umat beriman yang tidak dapat mendaftar, Misa itu akan disiarkan di televisi lokal. Gedung ibadat tetap memperlakukan ketentuan yang sama hanya bisa diisi maksimal tiga puluh orang, dan selalu dengan ketat mematuhi protokol kesehatan.

Untuk membantu umat merayakan jenis Natal berbeda, Konferensi Waligereja Belanda meluncurkan situs web untuk masa Adven (www.Vierkerstmis.nl). Lewat situs itu, umat bisa mencari paroki terdekat, memesan tempat untuk Misa atau mengikuti perayaan melalui streaming. Situs web ini juga memberikan buku liturgi untuk Minggu Adven dan pesan Natal dari para Uskup Belanda dalam bentuk video. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan