Pastor John

Novena Roh Kudus bukan saja untuk menantikan turunnya Roh Kudus di hari Pentakosta, tapi bertujuan mengajak semua umat, khususnya umat Katolik di Papua untuk memohon kekuatan Roh Kudus demi menghalau wabah Covid-19. “Kekuatan Roh Kudus dapat memampukan kita untuk keluar dari setiap permasalahan hidup, terutama dalam situasi akhir-akhir ini saat wabah Covid-19 meresahkan setiap insan manusia,” kata Koordinator Jaringan Damai Papua Pastor John Bunai Pr.

Pastor John memimpin Novena Roh Kudus di Gereja Gembala Baik Abepura yang disiarkan secara live streaming. Novena yang akan berakhir 30 Mei 2020 dan didukung oleh Kepala Paroki Gembala Baik Pastor Barnabas Daryana Pr, Dewan Pastoral Paroki, Ikatan Cendekiawan Katolik Papua (ICAKAP), serta Komunitas Fotografi dan Multi Media Jayapura (KFM) itu bertema “Oleh bilur-bilurnya, kamu disembuhkan” (1Ptr. 2:24).

“Kita senantiasa membangun relasi intim dengan Allah dan selalu percaya pada karya Roh Kudus yang senantiasa menggerakkan hati dan pikiran kita untuk beriman kepada Allah. Wabah Covid-19 membuat kita menjadi panik dan gagal fokus. Fokus kita untuk bersekutu dengan Allah menjadi terbagi, maka dengan novena Roh Kudus ini, kita kembali diajak untuk senantiasa bersekutu dengan Allah,” lanjut pastor John.

Di tempat terpisah, Pastor John mengatakan, dewasa ini penyebaran wabah Covid-19 bukan semata-mata persoalan kesehatan, “melainkan memunculkan juga persoalan lain, seperti relasi sosial dalam masyarakat, persoalan ekonomi, keamanan dan budaya.”

Oleh karena itu, lanjut imam itu, semenjak diumumkan Covid-19 di awal Maret lalu dan karena grafik korban terus meningkat, “maka mulai muncul inisiatif dan kesadaran dari kalangan umat untuk bersama-sama melawan virus mematikan itu dalam bentuk gotong royong menggalang dana, menghimpun bantuan, lalu menyalurkan kepada orang-orang yang terpapar pandemi tersebut.”

Maka, dalam novena itu, kata Pastor John, didoakan juga bagi setiap orang dan setiap instansi terkait yang mempunyai kepedulian terhadap wabah Covid-19, seperti pemerintah pusat maupun daerah, para medis, aparat keamanan, para donatur dan pihak-pihak lain yang turut andil dalam melawan penyebaran Covid-19.

Imam itu lalu meminta umat untuk bersama-sama kekuatan Roh Kudus memerangi wabah mematikan itu. “Allah akan selalu berada di pihak kita dan senantiasa melindungi kita dalam situasi apapun, terutama dalam situasi mencekam akhir-akhir ini. Kita selalu membangun relasi yang intim dengan Allah, agar Roh-Nya yang Kudus dapat menghalau badai Covid-19 ini, sehingga badai ini secepatnya akan berlalu dari kehidupan kita,” kata Pastor John.(PEN@ Katolik/Robby Amadeuz Hodo)

Tinggalkan Pesan