Beberapa uskup se-Indonesia atas nama dirinya dan seluruh umat sekeuskupannya dalam beberapa jam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, 24 Mei 2020, menerbitkan ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H” serta memohon maaf lahir dan batin kepada para sahabat Muslim di wilayah keuskupannya dan di Indonesia. Mereka berharap, meskipun hari raya, yang dirayakan di tengah keprihatinan Covid-19, tetap membuat mereka semakin berbakti kepada Tuhan dan membuahkan persatuan dan persaudaraan.

Uskup Purwokerto Mgr Christophorus Tri Harsono mengucapkan selamat dalam bahasa Arab yang artinya kurang lebih, “Saudara-saudari Kaum Muslim yang kami kasihi dan kami hormati, saya atas nama umat Katolik Keuskupan Purwokerto mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga hasil puasa, amal, dan doa-doa saudara-saudariku semunya diterima oleh Allah yang Mahakuasa dan Mahaesa, dan dapat menghidupi persatuan yang damai, kemanusiaan yang beradab dan keadilan yang sejahtera bagi bumi pertiwi Indonesia tercinta ini.

Mgr Tri adalah lulusan Institut Dar Comboni untuk Studi Arab di Kairo, Mesir, serta Institut Kepausan untuk Studi Arab dan Islam (Pontificio Istituto di Studi Arabi e d’Islamistica, PISAI), di Roma, dan pernah menjadi dosen Islamologi pada Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan sampai 2018 serta guru besar dalam studi Islam di Fakultas Filsafat Unpar, Bandung.

Ketua KWI dan juga Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo mengucapkan selamat meski dalam keadaan prihatin akibat wabah Covid-19. “Di tengah-tengah keprihatinan itu kita berharap semoga hari raya ini membuat kita semua semakin berbakti kepada Tuhan, dan bakti kita kepada Tuhan juga semakin berbuah pada persaudaraan kita yang semakin erat, dan persaudaraan kita yang semakin erat juga berbuah bagi bela rasa yang sangat dituntut dalam keadaan seperti ini, rela berbagi kehidupan dalam bentuk-bentuk yang sangat konkret,” kata kardinal.

Uskup Agung Makassar Mgr Johanes Liku Ada’ berharap semoga Hari Raya Iduil Fitri ini mendatangkan rahmat berlimpah, kekuatan dan ketabahan bagi umat Muslim, “khususnya dalam masa penuh kesulitan akibat pandemi Covid-19.” Mgr Liku Ada mengajak untuk “tetap saling mendukung dan meneguhkan serta tetap membangun tali silaturahmi untuk mempertahankan NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, bersemboyankan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda dalam kesatuan, satu dalam perbedaan.”

Mgr Robertus Rubiyatmoko, Uskup Agung Semarang yang meliputi sebagian Jawa Tengah dan DIY berharap semoga hari raya ini “sungguh mendatangkan rahmat yang berlimpah bagi Anda semua, meskipun dalam suasana penuh keterbatasan seperti sekarang ini. Kami sangat berharap bahwa perayaan ini sungguh-sungguh membawa sukacita bagi kita semua dan akhirnya membawa kedamaian bagi kehidupan bersama kita.”

Uskup Pangkalpinang yang meliputi Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau Mgr Adrianus Sunarko OFM mengucapkan selamat karena Umat Muslim telah menunaikan ibadah puasa selama satu bulan dalam bulan Ramadhan yang suci. “Selamat Idul Fitri, Hari Raya Kemenangan, dan kembali kepada fitrah sebagai manusia yang baik. Semoga ibadah dan amal bakti saudara semua berkenan kepada Tuhan dan membawa berkat bagi sesama, khususnya bagi saudara-saudari kita yang menderita selama masa pandemi Covid-19.”

Uskup Tanjung Selor Mgr Paulinus Yan Olla MSF berharap “semoga perjuangannya selama masa puasa yang diakhiri dengan perayaan Idul Fitri ini membawa kesejahteraan, kedamaian, dan kemajuan bagi kita semua. terutama bangsa Indonesia.”

Uskup Tanjungkarang Mgr Yohanes Harun Yuwono mengatakan, “Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, mohonkan maaf Anda kepada saya dan umat saya, barangkali kami tidak bisa melakukan silaturahmi seperti biasanya.” Uskup dari seluruh wilayah Provinsi Lampung itu juga mengajak mengajak seluruh umat Katolik dan semua orang berkehendak baik untuk “bersukacita bersama Anda dan bersama Anda sekalian mari kita perangi pandemi Covid-19, sehingga kita akan kembali hidup normal seperti sedia kala dalam persaudaraan dan persaudaraan yang sejati, dan semoga provinsi kita yang kita cintai ini makin maju karena perbuatan dan usaha baik kita sekalian.”(PEN@ Katolik/paul c pati)

Tinggalkan Pesan