Carmelo Barbagallo, ketua baru Otoritas Informasi Keuangan Vatikan
Carmelo Barbagallo, ketua baru Otoritas Informasi Keuangan Vatikan

Paus Fransiskus mengangkat Carmelo Barbagallo dari Bank Italia sebagai Presiden Otoritas Informasi Keuangan (Autorità di Informazione Finanziaria, AIF), menggantikan Rene Brülhart, yang masa jabatannya berakhir pekan lalu.

“Saya merasa terhormat menerima penunjukan ini karena menyadari beratnya tanggung jawab moral dan profesional yang diembannya, dan saya berterima kasih kepada Bapa Suci atas kepercayaan yang telah dia berikan kepada saya,” kata Presiden AIF yang baru, Carmelo Barbagallo saat berbicara dengan Vatican News.

Barbagallo yang diangkat 27 November 2019 itu menambahkan, “Dalam menjalankan tugas tanggung jawab memimpin AIF, saya akan berupaya membawa semua pengalaman saya yang terakumulasi dalam empat puluh tahun bekerja di Bank Italia, sebagai inspektur, sebagai kepala pengamatan perbankan dan sektor keuangan Italia serta dalam konteks pengawasan sistem perbankan Eropa.”

“Saya yakin AIF bisa memberikan kontribusinya sendiri dalam perannya sebagai otoritas pengawas, sehingga nilai-nilai dasar keadilan dan transparansi semua gerakan keuangan yang berkaitan dengan Tahta Suci” dapat terus berjalan dengan baik dan benar, katanya.

Presiden AIF baru itu mau meyakinkan sistem informasi keuangan internasional, “bahwa semua kerja sama akan dijalankan dengan menghormati standar internasional yang terbaik. Saya akan mulai bekerja hari ini untuk memastikan kesinambungan kerja AIF demi mencapai tujuan institusionalnya yang penting.”

Carmelo Barbagallo lahir di Catania 28 Februari 1956 dan menikah dengan dua anak. Tahun 1978 ia meraih gelar Sarjana Hukum dengan pujian dari Universitas Catania; tahun 1979 dia menyelesaikan pasca sarjana bidang Ekonomi Regional dan bekerja sama dengan ketua-ketua Hukum Perdata dan Hukum Industri. Dia adalah auditor berkualitas.

Tahun 1980, ia masuk Bank Italia dan ditugaskan ke Kantor Pengawasan cabang Genoa. Setelah dinas militer di Kepolisian Keuangan, tahun 1983 ia dipindahkan ke cabang Milan. Di sana dia bekerja di Unit Penelitian Ekonomi dan Kantor Pengawasan, dengan fokus pada ekonomi riil Lombardy dan analisis bank-bank kepentingan nasional (Banca Commerciale Italiana dan Credito Italiano) serta dana investasi.

Sejak 1985 dan seterusnya, ia bekerja di Inspektorat Pengawasan di Kantor Pusat Bank Italia. Dalam periode ini ia bertanggung jawab menyelenggarakan kursus pelatihan dan ikut berbagai kelompok kerja. Yang menjadi kepeduliannya adalah kredit yang mengalami penurunan nilai dan yang mesti ditata kembali serta berkontribusi pada penyusunan Undang-Undang Konsolidasi Perbankan 1993. Dia juga anggota berbagai komite seleksi untuk perekrutan lulusan muda Bank Italia.

Sebagai inspektur pengawasan, ia bertanggung jawab atas beberapa pemeriksaan di tempat pada bank-bank dan perantara keuangan di Italia dan luar negeri. Dia juga peduli antara lain pada validasi model-model pengukuran risiko yang canggih yang disiapkan oleh Basel Accord. Dia mengawasi persiapan versi terbaru Panduan Kegiatan Pengawasan.

Januari 2009 ia diangkat sebagai Wakil Kepala Inspektorat Pengawasan dan Mei 2011 menjadi kepala. Februari 2013 ia diangkat sebagai Direktur Pelaksana Perbankan dan Pengawasan Keuangan, dan 27 Januari 2014 hingga 30 Juni 2019 sebagai Direktur Jenderal Pengawasan dan Regulasi Keuangan.

1 Juli 2019 dia menjadi Direktur Pelaksana yang bertanggung jawab untuk konsultasi tingkat tinggi pada Dewan Pengatur mengenai masalah-masalah pengawasan dan regulasi keuangan dan untuk hubungan dengan Mekanisme Pengawas Tunggal (SSM).

Dia telah menulis banyak artikel tentang perbankan dan keuangan, dengan referensi khusus untuk persoalan seputar inovasi keuangan dan pengawasan instrumen derivatif.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan