Istana orang miskin

Paus Fransiskus meresmikan Pusat Perawatan Siang dan Malam bagi tunawisma di dekat Lapangan Santo Petrus, sebagai bagian prakarsa Jumat Belas Kasih. “Istana untuk Kaum Miskin.” Itulah yang diberkati Paus pada Jumat sore, 15 November 2019, menjelang Hari Orang Miskin se-Dunia, 17 November.

Properti Vatikan dengan empat lantai itu terletak di lokasi bergengsi tepat di sebelah barisan tiang-tiang Lapangan Santo Petrus. Namanya tetap menggunakan nama keluarga Romawi yang membangun dan memiliki gedung di tahun 1800-an yakni Palazzo Migliori. Nama dalam bahasa Italia itu kalau diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Palace of the Best (Istana dari Yang Terbaik). Menurut media Crux, yang akan tinggal di sana adalah yang paling baik.

Baru-baru ini, bangunan yang diperoleh Vatikan di tahun 1930-an itu ditinggalkan oleh sebuah kongregasi suster. Paus secara pribadi mengarahkan Almoner-nya, Kardinal Konrad Krajewski, untuk mengubahnya menjadi tempat para gelandangan dan kaum miskin Roma dapat tidur, makan, dan belajar. Operasi tempat itu dijalankan oleh Komunitas Sant’Egidio.

Dalam sebuah komunike, Kardinal Krajewski menggambarkan penggunaan istana itu. Dua lantai atas adalah kamar tidur. 50 pria dan wanita bisa tidur di situ. Namun, jumlah itu bisa lebih besar saat suhu Roma turun dan ada kebutuhan lebih besar.

Para tamu akan diberikan sarapan dan makan malam di ruang makan di lantai dua. Relawan bisa juga menggunakan dapur untuk menyiapkan makanan panas untuk dibagikan di malam hari bagi para tunawisma yang mencari perlindungan di salah satu stasiun kereta api Roma.

Di siang hari, dua lantai bawah menyediakan ruang bagi relawan untuk mengajar komputer bagi yang membutuhkan. Ada juga ruang baca, rekreasi, dan konseling psikologis.

Perusahaan konstruksi yang merenovasi “Palace of the Best” mempekerjakan sekelompok tunawisma – atas desakan Vatikan. Perusahaan sangat terkesan dengan etos kerja mereka sehingga merekrut mereka! (PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Devin Watkins/Vatican News)

Artikel Terkait:

Jumat Belas Kasih: Paus Fransiskus kunjungi pasien-pasien alzheimer

WYD Panama: Paus Fransiskus melakukan Jumat Belas Kasih

Jumat Belas Kasih: Paus mengagetkan lima ibu yang berada dalam tahanan

Untuk Jumat Belas Kasih, Paus tiba-tiba kunjungi para imam lansia dan menderita

Paus membuat kunjungan kejutan ke rumah sakit dan pelayanan sosial di Roma

Palazzo Migliori untuk orang miskin diberkati Paus, Kredit oto  Piotr Żyłka/courtesy to Crux
Palazzo Migliori untuk orang miskin diberkati Paus, Kredit oto Piotr Żyłka/courtesy to Crux

Tinggalkan Pesan