Pastor Markus Solo SVD mewakili Gereja Katolik membacakan deklarasi perdamaian berjudul “Olah Raga dan Maraton di bawah Panji Kasih" (Tangkapan layar dari Video yang dikirim ke PEN@ Katolik)
Pastor Markus Solo SVD mewakili Gereja Katolik membacakan deklarasi perdamaian berjudul “Olah Raga dan Maraton di bawah Panji Kasih” (Tangkapan layar dari Video yang dikirim ke PEN@ Katolik)

“Atas nama agama, kami menyatakan dan mendukung bahwa olahraga untuk semua orang. Upayakanlah agar ketika berlomba atau bertanding, semua saling memandang sebagai kawan.” Demikian deklarasi perdamaian berjudul “Olah Raga dan Maraton di bawah Panji Kasih” yang dibacakan oleh Pastor Markus Solo SVD dari Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama.

Maraton “Run for Peace” yang berlangsung hari Minggu 22 September 2019 itu, kata Pastor Markus kepada  PEN@ Katolik, dilepas setelah mendengar deklarasi-deklarasi perdamaian juga oleh Rabbi Giacomo dari Komunitas Yahudi Italia dan Imam Saleh dari Masjid Raya Roma. Deklarasi yang dibacakan Pastor Markus Solo mewakili Vatikan dan Gereja Katolik.

Sekitar 7000 pelari dari berbagai agama ikut dalam Maraton “Run for Peace” yang dimulai pukul 9:20 di Via della Conciliazione, di depan Lapangan Santo Petrus, Vatikan, meski dalam keadaan hujan. Para pelari menempuh jarak 5 kilometer lewat jalan-jalan seperti Jembatan dan Jalan Vittorio Emanuele II, Lungotevere (jalan yang membentang sepanjang Sungai Tiber), Lapangan Venezia dan Lapangan di Torre Argentina, serta melalui gereja-gereja yang terletak di jalan-jalan itu.

Tujuan “Run for Peace” adalah meningkatkan pengetahuan tentang kekayaan budaya dan agama di Kota Roma serta untuk meningkatkan persatuan di antara umat beragama yang berbeda.

Pada kesempatan itu, Kota Roma dan Team Penyelenggara menyerahkan penghargaan kepada Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama atas kerjasama dan dukungan sehingga terlaksana dengan sukses “Run for Peace” yang kedua di Kota Roma itu. Pastor Markus Solo yang menerima penghargaan itu mengatakan, “Ini sebuah tanda kecil terhadap keprihatinan yang besar akan perdamaian dunia.”

Menurut informasi dari Pastor Markus, pada kesempatan yang sama itu sebenarnya berlangsung dua jenis maraton secara bersamaan. Start pertama 9.00 adalah “half-marathon” Via Pacis yang bersifat lomba sepanjang 21 kilometer, melewati rumah-rumah ibadah dari berbagai agama di Kota Roma, dan start kedua 9.20 adalah yang 5 kilometer yang hanya melewati satu dua rumah ibadah yang kebetulan berada dalam radius itu.

“Half Marathon Via Pacis dan Run for Peace 2019″ di Roma itu “diselenggarakan oleh Dewan Kepausan untuk Kebudayaan dan Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama serta Kelurahan Kota Roma dengan Atletik Ringan Italia dan didukung oleh berbagai komunitas lintas agama di Italia dengan sponsor dari Kedutaan Besar Emirat Arab dan India,” kata Pastor Markus. (PEN@ Katolik/paul c pati)

Run for Peace 5
Pastor Markus Solo SVD sebagai Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama menerima penghargaan Kota Roma atas kerjasama dan dukungan sehingga “Run for Peace” terlaksana. (ist)
Rome Half Marathon Via Pacis 3
Suasana maraton (foto Facebook dari Rome Half Marathon Via Pacis)

 

Tinggalkan Pesan