Kolese Kardinal berjumlah 216, di antaranya 119 pemilih, dengan meninggalnya Kardinal Sergio Obeso Rivera (kanan). (Foto romereport.com)
Kolese Kardinal berjumlah 216, di antaranya 119 pemilih, dengan meninggalnya Kardinal Sergio Obeso Rivera (kanan). (Foto romereport.com)

Kardinal Sergio Obeso Rivera meninggal 11 Agustus 2019 pada usia 87 tahun. Dengan kematian Uskup Agung emeritus Xalapa, Meksiko, itu, kini Kolese Kardinal berjumlah 216, di antaranya 119 pemilih. Keesokan harinya, Paus Fransiskus mengirim telegram kepada Uskup Agung Xalapa saat ini Mgr Hipòlito Reyes Larios dan menyatakan kesedihannya serta meminta agar Mgr Larios menyampaikan hal yang sama kepada para kerabat kardinal yang meninggal dan semua anggota keuskupan agung  itu. Mengenang gembala yang rela berkorban, yang selama bertahun-tahun dan dengan kesetiaan memberikan hidupnya untuk melayani Tuhan dan Gereja, saya berdoa untuk istirahat abadi jiwanya,” tulis Paus. “Semoga Tuhan Yesus menganugerahkan kepadanya mahkota kemuliaan yang tidak layu.” Kardinal Obeso Rivera belajar teologi di Universitas Kepausan Gregoriana di Roma, sebelum ditahbiskan menjadi imam tahun 1954. Pulang ke Meksiko, ia memegang berbagai posisi di seminari di Xalapa, mengajar teologi dan akhirnya jadi rektor seminari itu. Dia ditahbiskan uskup tahun 1971 dan diangkat menjadi Uskup Agung Xalapa tahun 1979. Dia menjabat ketua Konferensi Waligereja Meksiko selama tiga periode sebelum mengundurkan diri dari tugas pastoral Keuskupan Agung Xalapa tahun 2007, setelah mencapai batas usia kanonik 75 tahun. Ia diciptakan menjadi kardinal oleh Paus Fransiskus dalam konsistori 28 Juni 2018. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (4)

Tinggalkan Pesan