wor_brothers

Komisi Panggilan Bruder Dominikan (OP) bertemu di Santa Sabina, pusat Ordo Dominikan, tanggal 18 Februari hingga 20 Februari 2019, sebelum kapitel umum, guna menyelesaikan proyek komisi itu, antara lain teks yang akan dimasukkan dalam LCO yang mendefinisikan identitas dan misi Bruder Dominikan, beberapa petisi untuk kapitel umum tentang cara pengembangan karya komisi itu, dan direktori semua bruder dalam Ordo itu.

Direktori itu menunjukkan ada 292 bruder saat ini, hanya 5% dari total jumlah biarawan OP. Meskipun demikian, yang paling menarik adalah berbagai kegiatan yang melibatkan para bruder itu. Kegiatan melibatkan banyak pelayanan internal di biara-biara dan gereja-gereja Ordo, tempat mereka berkarya sebagai sakristan atau koster, juru masak, tukang kebun, penjahit dan petugas urusan umum, serta banyak yang melayani di dewan biara atau dewan-dewan pembinaan di biara atau provinsialat.

Banyak bruder juga terlibat dalam pelayanan eksternal yakni pengajaran dan perawatan kesehatan, karya pastoral dan kateketik, administrasi dan manajemen proyek, penulisan ikon, arsitektur dan kerasulan artistik lainnya.

Komisi itu bertemu dengan Bruder Pablo Sicouly, socius untuk kehidupan intelektual, guna mempertimbangkan bagaimana Ratio Studiorum Generalis melihat pembinaan intelektual dan profesional para bruder. Komisi juga bertemu Bruder William Short OFM yang berbicara tentang identitas dan misi bruder dalam Ordo Fransiskan.

Komisi telah menjalin kontak yang baik dengan para socius regional dan para provinsial di masing-masing regio, serta berupaya berhubungan dengan semua bruder dari Ordo Dominikan guna memeriksa bagaimana panggilan bruder disajikan web provinsi.

Prioritas untuk tahun-tahun mendatang adalah membantu para promotor panggilan dalam berbicara tentang panggilan ini dan untuk terus bekerja bersama provinsi-provinsi guna mendorong pemahaman baru tentang panggilan bruder itu, tentang sumbangan pentingnya bagi karakter persaudaraan dari bentuk kehidupan kita dan sumbangan khususnya bagi misi penginjilan Ordo.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan laporan dari sekretaris Komisi Panggilan Bruder Dominikan, Vivian Boland OP di www.op.org)

Tinggalkan Pesan