Paus  Fransiskus dalam audiensi dengan anak-anak dan keluarga dari Klinik  Santa Marta  (ANSA)
Paus Fransiskus dalam audiensi dengan anak-anak dan keluarga dari Klinik Santa Marta (ANSA)

Untuk merayakan Ulang Tahun Paus Fransiskus, para pengurus Klinik Santa Marta datang membawa kue ulang tahun untuk Paus. Selama lebih dari sembilan puluh tahun, Klinik Santa Marta telah memberikan bantuan medis bagi anak-anak dan keluarga yang membutuhkan di seputar kediaman Paus di dalam Vatikan.

Klinik itu didirikan tahun 1922 oleh Paus Pius XI, dan dikunjungi oleh Paus Emeritus Benediktus XVI tahun 2005. Pada hari Minggu, 16 Desember 2018 di Aula Paulus VI, Paus Fransiskus menerima ucapan selamat ulang tahun dari 800 orang, termasuk para sukarelawan, dokter-dokter, perawat-perawat dan keluarga-keluarga yang dibantu oleh klinik itu.

Dalam ucapan terima kasih kepada mereka yang berkumpul di situ, Paus mengatakan, kalau Bunda Maria tinggal di Roma, dia pasti membawa Yesus ke klinik ini. Menurut Paus, “melayani anak-anak tidaklah mudah, tetapi banyak memberikan pelajaran bagi kita, salah satunya bahwa untuk memahami realitas kehidupan, kalian harus merendahkan diri, serendah mencium seorang anak. Mereka ajarkan ini kepada kita. Yang sombong, yang sombong tidak bisa mengerti kehidupan, karena mereka tidak mampu merendahkan diri.”

“Kita semua, para profesional, pengurus, biarawati, semuanya – memberikan banyak hal kepada anak-anak, tetapi mereka memberikan kepada kita pemberitahuan ini, ajaran ini: merendahkan diri. Rendahkanlah dirimu, rendah hatilah, dan dengan cara ini kalian akan belajar memahami kehidupan dan orang-orang. Dan kalian semua memiliki kemampuan untuk merendahkan diri. Terima kasih banyak untuk ini, terima kasih banyak!” kata Paus.

Paus Fransiskus lahir tanggal 17 Desember 1936 di Flores, Buenos Aires, Argentina, dengan nama lengkap Jorge Mario Bergoglio. Mantan Uskup Agung Buenos Aires itu terpilih sebagai Paus pada hari kedua Konklaf Kepausan, 13 Maret 2013. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

12 KOMENTAR

Tinggalkan Pesan