cq5dam.thumbnail.cropped.1000.563

Selamat Ulang Tahun Paus Fransiskus

(klik link di atas untuk mendengarkan ucapan selamat ulang tahun bagi Paus Fransiskus dalam berbagai bahasa)

Ad multos annos, Franciscus! (Semoga Panjang Umur, Fransiskus!)

Paus Fransiskus pada hari Senin, 17 Desember 2018, merayakan ulang tahunnya yang ke-82. Dia pernah menggambarkan ulang tahun sebagai kesempatan untuk “mengingat semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita,” dengan mengatakan bahwa “kenangan adalah sebuah aspek kehidupan,” dan adalah “malapetaka yang sangat besar kalau melupakan semua yang telah Tuhan lakukan untuk kita.”

Ulang tahun Paus selalu menjadi momen mengesankan: tahun lalu, Paus membuat “Pesta Pizza” dengan menyajikan pizza sepanjang empat meter. Setahun sebelumnya, Paus melaksanakan sarapan ulang tahun dengan mengundang delapan orang tunawisma untuk mencicipi manisan dari negara asalnya – Argentina. Tiga tahun lalu, ribuan orang berkumpul menari tango “secara massal” untuk Paus di Lapangan Santo Petrus.

Tahun ini, Paus memilih merayakan ulang tahunnya sehari lebih awal, dengan mengadakan pesta kecil untuk dirinya sendiri dan sekelompok anak-anak yang menerima perawatan medis dari Klinik Anak “Santa Marta” di dalam Vatikan. Anak-anak itu mengejutkan Paus dengan sebuah kue besar dan Paus mengucapkan terima kasih kepada mereka, mengungkapkan betapa senangnya bersama mereka. Suasana begitu hangat sehingga Paus menyatakan dia berpikir jika Keluarga Kudus tinggal di Roma dan Bayi Yesus terkena pilek, Maria pasti akan membawanya ke klinik itu untuk dirawat.

Paus mengatakan, kita belajar begitu banyak dari anak-anak di klinik itu. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan