Mgr Tri Harsono mengucapkan janji sambil menyentuh Kitab Suci dihadapan Uskup Agung Piero Pioppo dan Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC. PEN@ Katolik/pcp
Mgr Tri Harsono mengucapkan janji sambil menyentuh Kitab Suci dihadapan Uskup Agung Piero Pioppo dan Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC. PEN@ Katolik/pcp

“Kami mohon dengan rendah hati semoga melalui yang Kaupilih sebagai rekan pengajar kebenaran, Engkau menghidupi umat-Mu dan memelihara mereka dengan pimpinan yang kudus. Semoga baik domba-domba maupun para gembala kelak dengan gembira masuk ke padang rumput surgawi.”

Sesudah berdoa demikian, Uskup Bandung Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC mengisi pendupaan lalu mendupai tahta uskup Keuskupan Purwokerto yang ditinggalkan Mgr Julianus Sunarka SJ yang pensiun mulai 29 Desember 2016.

Pemberkatan tahta uskup itu berlangsung dalam Ibadat Agung Menjelang Tahbisan Uskup Keuskupan Purwokerto Mgr Christophorus Tri Harsono di Katedral Kristus Raja Purwokerto, 15 Oktober 2018, yang dipimpin Mgr Subianto.

Sebelum memberkati tahta uskup itu, Mgr Subianto juga memberkati insignia uskup dan tanda-tanda yang akan dikenakan uskup setelah tahbisannya 16 Oktober 2018 di Graha Widyatama Universitas Soedirman, Purwokerto, 16 Oktober 2018. Tanda-tanda itu adalah mitra, cincin, tongkat, dan kalung salib, serta beberapa perlengkapan yang akan digunakan untuk kegiatan liturgis uskup.

“Berkatilah benda-benda ini, perlambang kesucian yang akan dikenakan oleh hamba-Mu, Mgr Christophorus Tri Harsono sebagai Uskup Purwokerto.  Semoga, sebagai gembala utama yang bersinarkan kesucian dan berhiaskan kemuliaan, dia akan selalu membimbing  dan mencintai Gerejanya, serta mengantar semua orang kepada Allah,” demikian doa yang disampaikan Mgr Subianto.

Dalam Ibadat Agung itu, Mgr Tri Harsono juga mengungkapkan pengakuan iman dan membacakan janji sambil memegang Kitab Suci dihadapan Duta Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Piero Pioppo dan Mgr Subianto.

Setelah dibaca, Mgr Tri Harsono menandatangani pengakuan iman dan janji itu yang kemudian ditandatangani juga oleh Mgr Subianto dan Mgr Pioppo, yang lalu menyalami dan memeluk uskup terpilih.

Uskup terpilih itu akan memimpin keuskupan yang meliputi 12 kabupaten di wilayah Jawa Tengah bagian barat (Purworejo, Wonosobo, Batang, Kebumen, Banjarnegara, Pemalang, Pekalongan, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Brebes, Tegal, dan dua kota (Pekalongan dan Tegal).

Jumlah umat Katolik di 12 kabupaten dan 2 kota itu, menurut data statistik 2015 sekitar 61.000 umat di tengah jumlah penduduk sekitar 20 juta jiwa.

Sebanyak 18 uskup termasuk Mgr Piero Pioppo serta Mgr Julianus Sunarka SJ dan Julius Kardinal  Darmaatmadja SJ menghadiri Misa di katedral yang dipenuhi para imam, kaum religius dan umat dan dimeriahkan dengan koor para frater diosesan dan religius.

Mgr Tri Harsono yang dengan rendah hati mengaku tidak punya banyak kelebihan “tetapi karena imannya kepada Allah dan komitmennya pada Gereja, Mgr Tri mau menjadi teladan yang diyakini sebagai kunci tugas penggembalaan di mana pun.”

Yang penting, lanjut Uskup Bandung yang juga Sekretaris Jenderal KWI itu, adalah menjadi teladan iman bagi para imam, bagi para biarawan-biarawati dan umat dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. “Dengan penuh iman Mgr Tri akan menggembalakan umat dan imamnya terutama bukan dengan kata-kata dan ajaran tetapi dengan perbuatan dan teladan sebagaimana yang dia lihat dalam diri Maria yang nekad menerima panggilan Tuhan yang berat ‘Fiat Mihi Secundum Verbum Tuum’ (Terjadilah padaku menurut perkataan-Mu).”

Melalui peristiwa ini, kata Mgr Subianto dalam homilinya, Mgr Tri Harsono mengajak kita untuk saling menjadi teladan dan saling menggembalakan.(PEN@ Katolik/paul c pati)

Artikel Terkait:

Mgr Christophorus Tri Harsono akan ditahbiskan sebagai Uskup Purwokerto 16 Oktober

Bapa Suci angkat Vikjen Keuskupan Bogor Pastor Christophorus Tri Harsono sebagai Uskup Purwokerto

Tahta Uskup
Tahta Uskup Mgr Tri Harsono sudah diberkati. PEN@ Katolik/pcp
Mgr Subianto  memberkati insignia uskup dan tanda-tanda yang akan dikenakan Mgr Tri Harsono setelah tahbisannya sebagai uskup 16 Oktober 2018. PEN@ Katolik/pcp
Mgr Subianto memberkati insignia uskup dan tanda-tanda yang akan dikenakan Mgr Tri Harsono setelah tahbisannya sebagai uskup 16 Oktober 2018. PEN@ Katolik/pcp
Uskup
Foto PEN@ Katolik/pcp
Foto PEN@ Katolik/pcp
Foto PEN@ Katolik/pcp

Tinggalkan Pesan