Mgr Christophorus Tri Harsono Uskup terpilih Keuskupan Purwokerto (kiri) bersama Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM saat pembacaan pengangkatan dari Paus Fransiskus. (Foto berdasarkan Aloisius Johnsis)
Mgr Christophorus Tri Harsono Uskup terpilih Keuskupan Purwokerto (kiri) bersama Uskup Bogor Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM saat pembacaan pengangkatan dari Paus Fransiskus. (Foto berdasarkan Aloisius Johnsis)

“Setelah membicarakan dengan Bapak uskup terpilih dan berkonsultasi dengan Nuncio dan Uskup pentahbis, maka telah diputuskan waktu pentahbisan Uskup baru kita,” tulis Administrator Keuskupan Purwokerto Pastor Tarcisius Puryatno dalam surat tertanggal 27 Juli yang dibagikan kepada semua pastor paroki se-Keuskupan Purwokerto.

Dalam surat yang juga dikirim kepada PEN@ Katolik oleh Komsos Keuskupan Purwokerto dijelaskan bahwa tahbisan Uskup Purwokerto yang baru Mgr Christophorus Tri Harsono akan dilaksanakan hari Selasa, 16 Oktober 2018 Pukul 15.00 WIB di Graha Widyatama Unsoed Purwokerto.

Sehari sebelum tahbisan itu, tepatnya 15 Oktober 2018 Pukul 18.00 WIB, akan dilaksanakan Salve Agung di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto, dan sehari setelah tahbisan, Rabu 17 Oktober 2018, Pukul  18.00 WIB akan dirayakan Misa Stasional Perdana di Gereja Katedral Kristus Raja Purwokerto.

Paus Fransiskus mempercayakan tugas baru kepada Pastor Christophorus Tri Harsono, yang sebelumnya berkarya sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Bogor, menjadi Uskup Keuskupan Purwokerto, Jawa Tengah, melanjutkan pelayanan Mgr Julianus Kema Sunarka SJ yang telah mengundurkan diri karena usia pensiun.

Menurut sejarah Keuskupan Purwokerto, Misionaris Hati Kudus Yesus (MSC) mulai menetap di Purwokerto tahun 1927 dan Prefektur Apostolik Purwokerto didirikan tanggal 25 April 1932 ketika jumlah umat mencapai 4000 orang.  Status itu kemudian ditingkatkan menjadi Vikariat Apostolik tanggal 16 Oktober 1941, tanggal yang sama dengan rencana tahbisan uskup Mgr Christophorus Tri Harsono.

Vikariat Apostolik Purwokerto menjadi keuskupan bersamaan dengan berdirinya hierarki Gereja Katolik Indonesia tanggal 3 Januari 1961.

Menurut data 2013 dari Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, keuskupan itu memiliki 58.942 umat Katolik di antara 17.464.103 masyarakat di wilayah keuskupan itu. Umat Katolik di keuskupan itu tersebar di 25 paroki.(pcp)

Artikel Terkait:

Bapa Suci angkat Vikjen Keuskupan Bogor Pastor Christophorus Tri Harsono sebagai Uskup Purwokerto

Mgr Ewaldus Martinus Sedu akan ditahbiskan Uskup Maumere pada HUT ke-77 Mgr Parera

Tinggalkan Pesan