Foto diambil dari web "Our Daily Bread"
Foto diambil dari web “Our Daily Bread”

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

424. Apakah ada rahmat-rahmat lainnya?

Di samping rahmat habitual, ada pula rahmat aktual (karunia-karunia untuk situasi tertentu), rahmat sakramental (karunia yang diterima dalam setiap Sakramen), rahmat khusus atau karisma (karunia-karunia yang ditujukan untuk kebaikan umum Gereja), antara lain rahmat status tertentu yang terdapat pada pelaksanaan pelayanan-pelayanan gerejawi dan tanggung jawab kehidupan.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1999-2000, 2003-2004, 2023-2024

425. Apa hubungan antara rahmat dan kebebasan manusia?

Rahmat mendahului, mempersiapkan, dan mendorong jawaban bebas kita. Rahmat ini menjawab kerinduan terdalam kebebasan manusia, memanggil untuk bekerja sama, dan menuntun kebebasan menuju kepada kesempurnaannya.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2001-2002

426. Apa itu pahala?

Secara umum, pahala menunjuk pada hak untuk mendapatkan imbalan karena suatu perbuatan baik. Berkenaan dengan Allah, kita sama sekali tidak mampu memiliki pahala apa pun karena kita sudah menerima segalanya secara cuma-cuma dari Dia. Tetapi, Allah memberikan kemungkinan kepada kita untuk mendapatkan pahala melalui kesatuan dengan cinta Kristus, sumber segala pahala kita di hadapan Allah. Karena itu, pahala untuk pekerjaan yang baik pertama-tama dan terutama harus dikaitkan dengan rahmat Allah kemudian kehendak bebas manusia.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 2006-2010, 2025-2026

Tinggalkan Pesan