iman harap kasih

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

385. Apa saja itu keutamaan teologal?

Keutamaan teologal adalah iman, harapan, dan cinta kasih.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1813

386. Apa itu keutamaan iman?

Iman adalah keutamaan teologal yang olehnya kita percaya kepada Allah dan semua yang sudah diwahyukan kepada kita dan disampaikan oleh Gereja karena Allah adalah Kebenaran. Melalui iman, manusia dengan bebas menyerahkan dirinya kepada Allah. Karena itu, orang yang percaya berusaha mencari dan melaksanakan kehendak Allah karena ”iman bekerja melalui kasih” (Gal 5:6).

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1814-1816, 1842

387. Apa itu harapan?

Harapan adalah keutamaan teologal, dengannya kita merindukan dan menantikan kehidupan abadi yang berasal dari Allah sebagai kebahagiaan kita, mempercayakan diri kita kepada janji Kristus, dan bersandar pada bantuan rahmat Roh Kudus agar pantas menerimanya dan tetap bertahan sampai akhir hidup kita.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1817-1821, 1843

388. Apa itu cinta kasih?

Cinta kasih adalah keutamaan teologal, dengannya kita mengasihi Allah di atas segala sesuatu dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. Yesus menyebut cinta kasih sebagai perintah yang baru, pemenuhan hukum. ”Cinta kasih adalah pengikat kesempurnaan” (Kol 3:14) dan dasar dari keutamaan yang lainnya. Dari cinta kasih ini, semua keutamaan yang lain memperoleh hidup, inspirasi, dan keteraturan. Tanpa cinta kasih, ”sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing” dan ”aku sama sekali tidak berguna” (1Kor 13:1-3).

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1822-1829, 1844

Tinggalkan Pesan