20180814_160729

“Keberagamaan adalah kebanggaan yang harus kita jaga bersama-sama, setuju tidak? Inilah yang kita inginkan di Kecamatan Cawas, juga di Kabupaten Klaten dan seluruh Nusantara. Kan begitu. Sehingga hari ini, malam hari ini luar biasa. Kita ucapkan terima kasih. Kalau keberagaman ini kita jaga bersama-sama, tentunya masyarakat Cawas terutama juga akan adem, ayem, tentrem, nyambut gawene penak (bekerja nyaman), rejekine lancar (rejekinya lancar).”

Camat Cawas Muhammad Nasir berbicara dalam Malam Selebrasi Creaversity (rayakan keberagaman dengan kreativitas) yang digagas oleh OMK Paroki Maria Assumpta Cawas, Klaten, dan dilaksanakan di halaman parkir gereja paroki itu 4 Agustus 2018 malam.

Nasir berharap, acara yang menampilkan kesenian dari berbagai tradisi agama itu terus dijalankan. “Kita harus bersyukur dengan keberagaman ini,” katanya.

Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang (Komisi HAK KAS) Pastor Aloys Budi Purnomo Pr juga mengapresiasi kegiatan yang bisa menjadi pertemuan orang muda dan masyarakat dari berbagai agama itu.

“Sangat bersyukur dan mengapresiasi kawan-kawan muda Katolik dan lintas agama di Cawas. Luar biasa!” kata Pastor Budi seraya menegaskan kegiatan itu selaras dengan rencana “Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda” di Semarang, 26-28 Oktober 2018, yang akan mengumpulkan kaum muda dari berbagai agama.

Pastor Budi pun menyanyikan dua lagu dengan iringan saksofonnya “yang merupakan gambaran keberagaman, karena sudah dipakai untuk berkolaborasi dengan berbagai tokoh agama,” jelas imam itu.

Kepala Paroki Cawas Pastor Yustinus Joko Wahyu Pr mengatakan, acara Malam Selebrasi Creaversity merupakan upaya untuk mencintai hidup, yang saat ini terancam karena berita-berita yang tidak benar dan sentimen-sentimen tertentu. “Hidup tidak menjadi aman. Maka, creaversity yang digagas oleh OMK ini tawarannya adalah menjawab kebutuhan kita yang paling dasar, aku ingin hidup, aku ingin nyaman, aku ingin aman,” kata imam itu.

Malam Selebrasi Creaversity yang dikunjungi masyarakat Kecamatan Cawas, adalah puncak dari beberapa kegiatan antara lain aksi sosial donor darah, sepeda santai, dan senam lansia yang sudah diselenggarakan beberapa waktu sebelumnya.(Lukas Awi Tristanto)

Pastor Aloys Budi Purnomo Pr menyanyi sambil main saksofonnya.
Pastor Aloys Budi Purnomo Pr menyanyi sambil main saksofonnya.

20180814_160238

Tinggalkan Pesan