human-rights-bluex

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

374. Bagaimana membentuk suara hati agar menjadi lurus dan benar?

Suara hati yang lurus dan benar dibentuk melalui pendidikan, penghayatan Sabda Allah dan pengajaran Gereja, didukung oleh anugerah Roh Kudus dan dibantu oleh orang-orang bijak. Doa dan penelitian batin juga dapat sangat membantu pembentukan suara hati moral ini.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1783-1788, 1799-1800

375. Norma-norma apa yang selalu harus diikuti oleh suara hati?

Ada tiga norma umum: 1) seseorang tidak pernah boleh melakukan sesuatu yang jahat untuk mendapatkan hasil yang baik darinya, 2) Hukum Emas mengatakan: ”Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka” (Mat 7:12), 3) kasih selalu mulai dengan menghormati sesama dan suara hatinya walaupun ini bukan berarti menganggap baik apa yang secara objektif jahat.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1789

376. Apakah suara hati moral dapat membuat penilaian yang salah?

Seseorang harus selalu menaati penilaian yang keluar dari suara hatinya, tetapi ada kemungkinan dia membuat penilaian yang salah karena alasan-alasan yang mungkin berasal dari kesalahan orangnya. Tetapi, kesalahan dari suatu tindakan buruk yang dilakukan karena ketidaktahuan yang tak disengaja tidak dapat ditimpakan kepadanya. Namun demikian, tindakan tersebut tetaplah buruk secara objektif. Karena itu, seseorang harus berusaha untuk memperbaiki kesalahan suara hati moralnya.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1790-1794, 1801-1802

Tinggalkan Pesan