Medjugorje

Uskup Agung Henryk Hoser, pensiunan Uskup Agung Warsawa-Praha di Polandia, memulai mandatnya pada hari Minggu, 22 Juli 2018, sebagai Pengunjung Apostolik ke Paroki Santo Yakobus di Medjugorje. Dia akan secara resmi memulai pelayanannya dengan Misa di malam hari dan telah mengundang semua umat beriman dan peziarah yang ada di sana untuk berperanserta.

Uskup Agung Hoser pertama kali diangkat oleh Paus Fransiskus sebagai utusan khusus Tahta Suci ke Paroki Santo Yakobus tanggal 11 Februari 2017. Saat itu Kantor Pers Tahta Suci menyatakan bahwa misi yang dipercayakan kepada Uskup Agung Warsawa-Praha saat itu “bertujuan untuk memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang situasi pastoral di sana dan di atas semua itu, tentang kebutuhan umat beriman yang pergi ke sana untuk ziarah, dan atas dasar ini, menyarankan inisiatif pastoral yang mungkin untuk masa depan. Oleh karena itu, misi itu memiliki karakter pastoral yang eksklusif. ”Pernyataan itu mengatakan bahwa mandatnya diperkirakan berakhir di akhir musim panas 2017.

Pada hari Kantor Pers merilis pernyataan ini, Direktur Greg Burke menggarisbawahi bahwa “misi Utusan Khusus adalah tanda perhatian Bapa Suci terhadap para peziarah. Ruang lingkupnya bukan inkuisitorial, tetapi sangat pastoral. Utusan itu tidak akan memasuki persoalan mengenai penampakan Maria, yang merupakan kompetensi Kongregasi Ajaran Iman. Dia akan berhubungan dengan uskup keuskupan itu, dengan biarawan OFM yang mendapat kepercayaan Paroki Medjugorje itu, dan dengan umat beriman di daerah itu.” Dan Greg Burke mengakhiri pernyataannya dengan mengatakan, “Ini misi untuk para peziarah, bukan melawan siapa pun.”

Paus Fransiskus menunjuk Uskup Agung Hoser untuk kedua kalinya “sebagai pengunjung apostolik khusus untuk Paroki Medjugorje” tanggal 31 Mei 2018. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Pers Tahta Suci, mandat itu akan berlaku untuk “periode yang tidak ditentukan dan ad nutum Sanctae” (sesuai pengaturan Tahta Suci).

Sekali lagi, Uskup Agung Hoser akan menjalankan “jabatan pastoral eksklusif” dalam kesinambungan dengan mandat pertamanya yang berakhir baru-baru ini. Kantor Pers Tahta Suci menjelaskan, “misi  Pengunjung Apostolik bertujuan untuk memastikan pendampingan stabil dan berkesinambungan bagi umat Paroki Medjugorje dan umat beriman yang pergi ke sana sebagai peziarah, dan yang kebutuhannya memerlukan perhatian khusus.”(pcp berdasarkan laporan Suster Bernadette Mary Reis FSP dari Vatican News)

 

Tinggalkan Pesan