Paus Fransiskus bertemu dengan Dewan Kardinal C9 di Vatikan/Vatican News
Paus Fransiskus bertemu dengan Dewan Kardinal C9 di Vatikan/Vatican News

Direktur Kantor Pers Tahta Suci, Greg Burke, dalam penjelasan kepada wartawan tentang Pertemuan Dewan Kardinal C9 bersama Paus Fransiskus tanggal 25 April 2018 mengatakan bahwa pertemuan sesi ke-24 yang berlangsung sejak dua hari lalu lebih banyak untuk membaca kembali rancangan Konstitusi Apostolik Kuria Roma yang baru.

Semua anggota hadir Dewan Kardinal itu hadir, kecuali Kardinal George Pell. Kalau Kardinal Reinhard Marx tidak hadir tanggal 23 April, Bapa Suci tidak hadir di pagi hari tanggal 25 April karena harus melakukan audiensi umum, demikian keterangan pers kantor itu yang juga diterima oleh PEN@ Katolik.

Menurut rencana, kalau para kardinal sudah menyetujui teks yang mereka baca kali ini, maka dokumen itu akan diserahkan kepada Bapa Suci untuk pertimbangan lebih lanjut dan untuk persetujuan. Dokumen itu, menurut Greg Burke, beberapa hal penting antara lain, Kuria Roma untuk melayani Bapa Suci dan Gereja-Gereja partikular, sifat pastoral dari kegiatan kuria, institusi dan pembinaan Seksi Ketiga dari Sekretariat Negara, dan pewartaan Injil serta semangat misioner sebagai perspektif yang mencirikan aktivitas segenap Kuria.

Juga dijelaskan bahwa Kardinal Sean O’Malley meng-update kepada para kardinal itu tentang banyak upaya yang telah dilakukan di seluruh dunia untuk perlindungan anak di bawah umur dan orang dewasa yang rentan. “Dalam rapat pleno baru-baru ini, Komisi Kepausan untuk Perlindungan Anak di Bawah Umur mendengar kesaksian-kesaksian dari para anggota yang baru diangkat, dari Brasil, Etiopia, Australia dan Italia.”

Kardinal itu menyoroti komitmen sangat besar dan kompetensi luar biasa dari para Anggota Komisi yang sangat  baik mewakili keanekaragaman budaya di dunia. “Dia juga mengulangi prioritas untuk harus memulai dari pengalaman hidup, seraya terus mendengarkan para korban dan menerima pengalaman-pengalaman mereka,” kata Greg Burke .

Para kardinal itu juga mendengar update dari Sekretaris Sekretariat Komunikasi Mgr Lucio A Ruiz tentang keadaan reformasi sistem komunikasi Vatikan yang terkini, jelas Direktur Kantor Pers Tahta Suci itu seraya menambahkan bahwa Pertemuan Dewan Kardinal berikut akan berlangsung tanggal 11, 12 dan 13 Juni 2018.(paul c pati)

Tinggalkan Pesan