Uskup Ruteng mengundurkan diri dan Mgr Silvester San diangkat jadi administrator apostolik

1
6802

Mgr-Hubertus-Leteng

Hari ini 11 Oktober 2017, Kantor Pers Vatikan mengumumkan, “Il Santo Padre Francesco ha accettato la rinuncia al governo pastorale della diocesi di Ruteng (Indonesia) presentata da S.E. Mons. Hubertus Leteng, e ha nominato Amministratore Apostolico sede vacante et ad nutum Sanctae Sedis della medesima diocesi, S.E. Mons. Sylvester San, Vescovo di Denpasar” (Bapa Suci Fransiskus menerima pengunduran diri dari pemimpin pastoral Keuskupan Ruteng yang diajukan oleh Yang Mulia Uskup Hubertus Leteng, dan mengangkat Yang Mulia Mgr Silvester San, Uskup Denpasar, sebagai Administrator Apostolik sede vacante ed ad nutum Sanctae Sedis dari keuskupan yang sama).

Pengumuman yang sama disampaikan hari ini pukul 18.00 di Istana Keuskupan Ruteng oleh pelaksana tugas adinterim dari Nunciatura Apostolik di Indonesia Pastor Fabio Salerno dalam pertemuan yang dihadiri Mgr Hubertus Leteng, Mgr Silvester San, vikjen, dewan kuria, dewan konsultores, dan dewan imam Keuskupan Ruteng, serta Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia Pastor Siprianus Hormat Pr.

Sesudah membaca dekrit pengangkatan Mgr Silvester San, demikian siaran pers yang disebarkan oleh Keuskupan Ruteng, Pastor Fabio Salerno selaku Wakil Tahta Suci mengingatkan bahwa “tugas-tugas administrator apostolik akan berakhir ketika Pontifice Romano telah mengangkat uskup baru untuk Keuskupan Ruteng dan telah mengambil alih secara kanonik jabatan tersebut.”

Wakil Tahta Suci itu mengajak para imam yang hadir untuk bekerjasama dengan administrator apostolik, menunjukkan kesediaan, rasa tanggung jawab dan semangat persaudaraan imamat, dan meminta mereka mengembangkan persatuan, kerukunan dan keharmonisan umat Allah, agar umat Allah dapat mengalami sukacita dalam damai Tuhan.

Pastor Fabio Salerno juga meminta semua pihak untuk berdoa bagi Mgr Hubertus Leteng, yang telah menjalankan tugas selama tujuh tahun sebagai pelayan pastoral Keuskupan Ruteng, dan untuk Mgr Silvester San, sehingga beliau dapat menghasilkan buah berlimpah selama menjalankan tugas pelayanan di Keuskupan Ruteng. Mgr Fabio Salerno juga berterima kasih kepada Mgr Silvester San atas kesediaannya menerima tugas yang sangat penting itu.

Wakil Tahta Suci itu mengakhiri pertemuan dan menyerahkan Keuskupan Ruteng Kepada Bunda Allah, Santo Yosef, dan Santo Yohanes XXIII, yang pestanya diperingati hari ini 11 Oktober 2017.(pcp)

Mgr-Silvester-San_02

1 komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here