Paus memberim lilin dan surat untuk Ordo Karmelit Tak Berkasut

Doa sedunia untuk perdamaian dimulai pagi hari tanggal 26 Maret 2015, dalam rangka memperingati lima abad kelahiran Santa Teresa dari Avila. Ordo Karmelit Tak Berkasut bertanggung jawab atas usulan prakarsa untuk tahun ini. Berbagai kegiatan sedang direncanakan di seluruh dunia untuk mengenang mistikus dari Spanyol itu.

Menurut laporan Lancha Rocio Garcia, wartawan Zenit.org, dari Kota Vatikan, Paus Fransiskus ingin menjadi bagian dari prakarsa itu dengan membacakan doa itu dalam Misa pagi itu di Casa Santa Marta. Pemimpin Umum Ordo Karmelit Tak Berkasut Pastor Saverio Cannistra, dan Vikaris Jenderal Pastor Emilio Martinez hadir dalam Misa itu.

“Saya sungguh-sungguh menyatu dalam prakarsa ini, agar api kasih Allah mengalahkan api peperangan dan kekerasan yang menimpa manusia, dan agar dialog terus digunakan dalam konflik bersenjata di mana-mana. Semoga Santa Teresa menjadi perantara doa kami ini,” kata Bapa Suci.

Setelah perayaan Ekaristi di Casa Santa Marta, ZENIT berbicara dengan Fastor Martinez, yang mengatakan bahwa Misa itu merupakan “saat mengharukan” karena Paus mengambil bagian dalam doa perdamaian dan doa Santa itu.

“Hadiah untuk Santa Teresa,” kata imam itu. Dijelaskan bahwa Pemimpin Umum mendekati Paus yang menyerahkan lilin kepadanya, sebagai simbol jiwa-jiwa yang akan ikut dalam doa itu guna mengobarkan api yang sudah menyalah, api itu mewakili perdamaian.

Di akhir Misa, Pastor Martinez juga mengatakan bahwa dia berkesempatan menyapa Bapa Suci secara pribadi dan berbicara beberapa menit dengan Paus. Paus mengucapkan selamat atas lima abad kelahiran orang kudus itu dan berterima kasih untuk apa yang telah mereka lakukan dan untuk “hadiah” doa untuk perdamaian itu.

Dengan senang hati, demikian pengamatan Fastor Martinez, Paus mengakui bahwa para biarawan Karmelit mencintai dia. Juga dikatakan, sangatlah penting diketahui oleh para suster Karmelit bahwa Bapa Suci mengikuti prakarsa itu.

Akhirnya, Pastor Martinez mengatakan kepada ZENIT bahwa bersama lilin itu, Paus memberikan kepada Pemimpin Umum sebuah surat untuk Ordo Karmelit Tak Berkasut. (pcp berdasarkan Zenit.org)

Foto dari L’Osservatore Romano di atas menunjukkan Paus Fransiskus sedang memberi lilin dan surat kepada Pastor Saverio Cannistra

Tinggalkan Pesan