lammens-francisco

Delegasi tim sepak bola “San Lorenzo de Almagro” Buenos Aires menghadiahkan replika Inicial Championship Cup kepada Paus Fransiskus di akhir audiensi umum tanggal 18 Desember 2013. Piala yang mereka perjuangkan sejak tahun 2007 berhasil mereka rebut tahun ini.

Ketika menjadi Uskup Agung Buenos Aires, ibu kota Argentina, Mgr Jorge Mario Bergoglio adalah pendukung resmi tim itu. Kini Paus Fransiskus adalah pastor klub sepak bola itu dan pemegang kartu anggota no. 88235N-0.

Wakil ketua klub itu, Marcelo Tinelli, membawa seragam tim itu sebagai hadiah untuk Fransiskus yang merayakan ulang tahun yang ke-77 tanggal 17 Desember 2013.

Ketika masih muda, Jorge Mario Bergoglio datang bersama ayahnya ke lapangan-lapangan San Lorenzo, dan selama menjadi Uskup Agung Buenos Aires ia terus menjadi anggota dan datang ke klub untuk merayakan Misa dan memberi pengakuan dosa bagi para pemain, demikian ungkap Vatikan.

Tim itu didirikan oleh Pastor Lorenzo Massa SDB, yang setelah tahbisan dikirim ke wilayah Almagro yang rawan. Melihat banyak orang muda senang sepak bola, dan hanya bermain-main di jalanan dan mengganggu lalu lintas bahkan hampir ditabrak trem, imam itu mengijinkan anak-anak main di pekarangan gereja dengan syarat mereka harus ikut Misa di hari-hari Minggu.

“Burung Gagak” yang merupakan nama julukan klub itu diberikan kepada mereka oleh orang-orang di wilayah kota itu. Mereka suka berseru, “Burung gagak datang!” Sebenarnya gelar itu menunjuk jubah hitam yang dikenakan Pastor Massa saat datang menemani mereka berlatih.

“San Lorenzo de Almagro” yang berbasis di Boedo, Buenos Aires, terkenal dengan tim sepak bola yang bermain di Primera Division (divisi utama) yang merupakan divisi teratas dalam sistem liga sepak bola Argentina. Namun, dalam “San Lorenzo de Almagro” ada juga basket, hockey, bola tangan, bela diri, tenis, voli dan rugby.

San Lorenzo mendapatkan pengakuan internasional di bulan Maret 2013 dengan terpilihnya Paus Fransiskus, suporter klub itu. Para pemain bermain dengan menggunakan kaus bergambar Paus Fransiskus dalam sebuah liga melawan Colon de Santa tanggal 16 Maret 2013.

Paus Fransiskus memberi mereka ucapan khusus dalam audiensi umum mingguan hari Rabu 18 Desember 2013. “Secara khusus saya menyalami tim sepak bola San Lorenzo, yang merebut Kejuaraan di hari Minggu yang lalu (15 Desember 2013) dan membawa piala kemenangannya ke sini. Terima kasih banyak,” kata Paus.***

Pope-Francis-meets-Argent-002

Tinggalkan Pesan