Mgr Ewaldus Martinus Sedu/Foto berdasarkan Komsos KWI
Mgr Ewaldus Martinus Sedu/Foto berdasarkan Komsos KWI

Bapa Suci telah menerima pengunduran diri dari tugas pastoral Keuskupan Maumere yang sampaikan oleh Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD dan “Il Papa ha nominato Vescovo di Maumere (Indonesia) il Rev.do Sacerdote Ewaldus Martinus Sedu, finora Vicario Generale della stessa Circoscrizione” (Paus telah mengangkat sebagai Uskup Maumere (Indonesia) Pastor Ewaldus Martinus Sedu, yang kini bertugas sebagai Vikaris Jenderal keuskupan yang sama.”

Pengumuman itu disampaikan oleh Paus Fransiskus lewat Sala Stampa atau Kantor Pers Vatikan hari ini Sabtu, 14 Juli 2018, pukul 12.00 waktu Vatikan atau pukul 17.00 WIB.

Pastor Ewaldus Martinus Sedu, menurut penjelasan dalam bahasa Italia itu, lahir tanggal 30 Juli 1963 di Bajawa (Keuskupan Agung Ende). Setelah mengikuti Seminari Menengah Mataloko, imam itu menyelesaikan studi filsafat dan teologinya di Seminari Tinggi Antarkeuskupan Santo Petrus Ritapiret, Flores. Dia ditahbiskan imam Keuskupan Agung Ende tanggal 7 Juli 1991.

Saat Keuskupan Maumere tercipta sebagai hasil pemekaran Keuskupan Agung Ende 14 Desember 2005, imam itu menjadi imam Keuskupan Maumere. Imam itu kemudian menjadi Pastor Rekan di Paroki Santo Joseph Maumere (1991-1993), Kepala Paroki Maria dari Gung Karmel Wolofeo (1993-1995), Pastor Paroki Santo Yoseph Maumere  dan Kepala Komisi Katekese Keuskupan Maumere (1995-1997).

Imam itu mengikuti menjalani studi untuk Lisensi Pedagogi di Salesianum di Roma (1997-2001) dan kembali menjadi dosen dan formator di Seminari Tinggi Antarkeuskupan Santo Petrus Ritapiret (2001-2009). Di tahun 2010 imam itu menjadi Rektor Seminari Tinggi Antarkeuskupan Santo Petrus Ritapiret dan sejak tahun 2015 menjadi Vikaris Jenderal Keuskupan Maumere.

Pastor Ewaldus Martinus Sedu akan menggantikan Mgr Gerulfus Kherubim Pareira SVD. Mgr Kherubim adalah uskup kedua Keuskupan Maumere (sejak 2008) menggantikan Mgr Vincentius Sensi Potokota yang ditunjuk sebagai Uskup Agung Ende. Menurut Komsos KWI, ketika bertugas sebagai Rektor Seminari Tinggi Ritapiret, Pastor Ewaldus Martinus aktif sebagai dosen dan pendamping para calon imam diosesan untuk beberapa keuskupan di Provinsi Gerejawi Ende.(paul c pati)

Artikel terkait:

https://penakatolik.com/2016/06/14/mgr-pareira-minta-para-imam-dan-pemimpin-belajar-dari-kebijaksanaan-salomo/

 

1 komentar

  1. Proficiat Mgr. Ewald (beliau sesama alumni Seminari Toda Belu, adik dari Sahabat Ferry Keo, Alsemat juga). Bimbing kami umatmu. GBU

Tinggalkan Pesan