Outbond 1

Sebanyak 75 anggota Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Katedral Reinha Rosari Larantuka, Flores, datang berbaur dengan OMK Paroki Santo Yoseph, Riangkemie, yang juga merupakan bagian dari Keuskupan Larantuka untuk mengikuti kegiatan outbound kepemimpinan  dengan tema ‘Mencari Tuhan di Alam Terbuka’.

Kegiatan outbound yang dibuka oleh Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Larantuka Pastor Pius Laba Buri Pr dengan ibadat pembukaan itu, menurut  koordinator permainan, Gerardus Becenty, “sesungguhnya merupakan bagian latihan kepemimpinan yang nyaris luntur di tengah perubahan zaman saat ini.”

Lewat kegiatan di alam terbuka yang teraplikasi dalam beberapa permainan itu, Gerardus berharap, “peserta dapat menyerap nilai-nilai positif kepemimpinan seperti kerja sama, solidaritas, kekompakan, saling menghargai dan menghormati, keikhlasan, kejujuran, dan lain-lain,” karena tujuan outbound itu adalah meningkatkan semangat spiritual anggota OMK dengan mendekatkan diri kepada Tuhan melalui alam ciptaan-Nya.

Outbound yang berlangsung 4-6 Oktober 2013 itu diisi dengan seminar tentang peranan orang muda Katolik dalam pembangunan Gereja oleh Pastor Pius Laba Buri Pr, dan penyelusuran alam terbuka sepanjang 6,5 km, yang dilengkapi berbagai game bernuansa religius termasuk penyegaran iman, yakni membaca Kitab Suci dan renungan.

Ronald Patty Diaz, seorang peserta, merasa sangat lelah namun menyenangkan karena melihat semangat dan suasana penuh kegembiraan di antara para peserta. “Selain latihan jiwa kepemimpinan, banyak pengalaman baru yang didapatkan sehubungan dengan pembinaan mental dan spiritual,” katanya.

Dia juga merasakan kegiatan itu, termasuk acara seni dan hiburan, sangat bermakna dan memotivasi peserta untuk senantiasa hidup tidak jauh dari Tuhan. “Usai melewati berbagai tantangan dan permainan yang melelahkan, di puncak sebuah bukit kami disuguhi renungan dari Pastor Ben Belawa Pr. Renungan itu sungguh membuat kami sangat merasakan kehadiran Tuhan di tengah alam ciptaan-Nya,” katanya.

Kegiatan itu diakhiri pada hari ketiga dengan Perayaan Ekaristi di hari Minggu bersama umat setempat di Kapela Stasi Watowiti. Kepala Paroki Riangkemie Pastor Benyamin Daud Pr memimpin Misa itu.***