Kaum muda di Copacabana Credit by Getty Images

 

Paus Fransiskus menyalami para peziarah muda yang mengambil bagian dalam perayaan-perayaan Hari Kaum Muda se-Dunia (World Youth Day, WYD) di Rio de Janeiro, Brasil, di malam hari tanggal 25 Juli 2013.

Serakan pasir pantai Copacabana yang terkenal di Rio menjadi panggung pertemuan, yang merupakan perjumpaan resmi pertama peziarah itu dengan Bapa Suci dalam peristiwa-peristiwa sepekan hingga WYD ke-28, Minggu 28 Juli 2013.

Acara di Copacabana itu dibuka dengan penampilan luar biasa oleh 150 orang muda yang mempersembahkan interpretasi artistik kehidupan sehari-hari di “Marvelous City” (Kota Menakjubkan, sebutan untuk Rio de Janeiro).

Perayaan hari itu berpusat pada doa yang berisi bacaan Injil menurut Santo Lukas, yang menceritakan episode Transfigurasi  saat Yesus dimuliakan di atas gunung (Luk 9:28-36). Selain pembacaan Doa Umat, peserta mendengarkan kesaksian lima anak muda mewakili setiap benua, demikian laporan Radio Vatikan.

Saat menyalami kaum muda, Paus Fransiskus mengungkapkan kegembiraannya karena bisa merayakan WYD bersama mereka. Paus juga mengungkapkan kata-kata yang mengobarkan semangat dan penuh harapan yang dikatakan oleh Beato Yohanes Paulus II pada WYD 1987 di kampung halamannya, Buenos Aires, “Saya memiliki harapan besar dalam diri kalian! Yang paling saya harapkan adalah agar kalian memperbaharui kesetiaan kalian kepada Yesus Kristus dan pada Salib-Nya yang menyelamatkan.”

Sesudah bacaan Injil, Bapa Suci menyampaikan homili yang difokuskan pada tema kembar iman akan dan kesetiaan kepada Kristus, dalam komitmen spiritual dan pemuridan hidup sehari-hari. Paus Fransiskus menyerukan kembali harapannya agar kaum muda tidak pernah bosan meminta pengampunan dari Allah manakala ada kebutuhan itu dalam kehidupan mereka.

Paus tiba di pantai itu dengan menaiki helikopter, kemudian dengan Papamobil berjalan sepanjang empat kilometer di pantai itu dengan berkali-kali berhenti menyalami orang-orang di pantai itu. Sekitar satu juta orang berkerumun di sana meskipun hujan turun. Mereka bahkan sudah datang ke pantai emat jam sebelumnya dengan membawa bendera masing-masing negara.

Sebelum datang ke Pantai Copacabana, pada hari itu, Paus telah menerima kunci kota Rio de Janeiro di balkon istana kota Rio, memberkati bendera Olimpiade yang akan dilaksanakan di Brazil tahun 2016, berbicara dengan ketua Konferensi Waligereja Argentina juga kaum muda Argentina, dan mengunjungi komunitas di perkampungan kumuh Varginha di Manguinhos.***