Jumat, Oktober 18, 2024
33.8 C
Jakarta

Untuk Pertama Kali di Irlandia Utara, Jumlah Pemeluk Katolik Lebih Banyak Dibanding Protestan

Beberapa umat terlihat sedang mengikuti Misa di salah satu kota di Belfast Irlandia Utara.

IRLANDIA UTARA, Pena Katolik – Statistik yang dirilis oleh NISRA menunjukkan bahwa, untuk pertama kalinya, jumlah umat Katolik melebihi jumlah umat Protestan di Irlandia Utara. Umat ​​Katolik saat ini sebanyak 45,7 persen dari total populasi di Irlandia Utara. Jumlah ini lebih banyak dibanding  jumlah Protestan yang sebanyak 43,48 persen. Sepuluh tahun lalu, angkanya lebih banyak Protestan dengan masing-masing 45,1 persen dan 48,4 persen.

Yang mengejutkan, dalam hal identitas nasional, 31,9 persen orang di Irlandia Utara mengatakan bahwa mereka sekarang memiliki identitas hanya Inggris, dengan 29,1 persen memiliki identitas Irlandia saja, dan 19,8 persen lebih lanjut identitas Irlandia Utara (8 persen). Seratus persen mengatakan mereka memiliki identitas Inggris dan Irlandia Utara). Brexit baru-baru ini mempengaruhi situasi di Irlandia Utara, dengan implikasinya terhadap Perjanjian Jumat Agung tahun 1998.

London tampaknya ingin memperbaiki Protokol Irlandia Utara yang dibawa setelah Inggris meninggalkan Uni Eropa, karena pengaturan perdagangan khusus diperlukan untuk Irlandia Utara karena perbatasan daratnya dengan negara Uni Eropa, Republik Irlandia. Perbatasan sensitif karena sejarah ketegangan. Alih-alih memeriksa barang di perbatasan Irlandia, pemeriksaan protokol yang disepakati akan dilakukan antara Irlandia Utara dan Inggris daratan. Kebanyakan orang di Irlandia Utara mendukung tinggal di UE sebesar 55,8 persen hingga 44,2 persen.

Sementara itu, di Irlandia Utara saat ini, umat Katolik umumnya lebih muda dari Protestan, dengan populasi Protestan telah menurun secara dramatis – lebih dari 10 persen dalam dua dekade. Apakah angka terbaru akan menciptakan lebih banyak permintaan untuk Irlandia bersatu (tujuan lama nasionalis Irlandia di kedua sisi perbatasan di pulau itu) masih harus dilihat.

Data yang dirilis oleh Pusat Penelitian Sosial Nasional Inggris (NatCen) dan Survei Sikap Sosial Inggris tahun 2021 menemukan bahwa dukungan di Irlandia Utara untuk penyatuan Irlandia meningkat dari 14 persen pada 2015 menjadi 30 persen tahun lalu. Di daratan Inggris, dukungan untuk penyatuan Irlandia turun dari 52 persen pada tahun 1998 menjadi 41 persen pada tahun 2021. Pada tahun 1998, 26 persen orang di daratan Inggris berpikir bahwa Irlandia Utara harus menjadi bagian dari Inggris; hari ini angka itu adalah 49 persen.

Perlu dicatat bahwa data yang digunakan diambil dari tahun 2021. Kematian Ratu Elizabeth II baru-baru ini tampaknya telah meningkatkan dukungan untuk Union di Skotlandia, tetapi mungkin hanya untuk sementara. Sementara itu, pemerintah Konservatif di London umumnya meningkatkan dukungan untuk kemerdekaan di Skotlandia dan dukungan untuk penyatuan Irlandia.

Sementara dampak Inggris meninggalkan Uni Eropa mungkin telah membantu meningkatkan dukungan untuk penyatuan Irlandia dan kemerdekaan Skotlandia, Brexit semakin terlihat, yang berarti dampaknya terhadap sentimen kemungkinan akan berkurang seiring waktu. Selain itu, data menunjukkan bahwa meskipun sekarang ada lebih banyak umat Katolik daripada Protestan di Irlandia Utara, kebanyakan dari mereka masih mendukung Uni, bahkan dengan faktor Brexit.

Perjuangan nasionalis masih memiliki jalan panjang jika ingin mendapatkan daya tarik yang serius. Satu pemikiran terakhir: karena pengaruh Gereja Katolik telah melemah di Irlandia Utara dan Republik Irlandia, hubungan antara iman, etnisitas Irlandia, dan dukungan untuk unifikasi mungkin melemah. Ironisnya, penurunan Katolik dan identitas Katolik di pulau Irlandia mungkin akan membantu menyatukan Inggris.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini