Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Seekor Anjing Membawa Pesan Kehangatan di Sebuah Sekolah di Lousiana, Amerika Serikat

Gia bersama para suster pengelola Sekolah Hati Kudus Yesus di Baton Rouge Louisiana. Aleteia

LOUSIANA, Pena Katolik – Dua kali seminggu, siswa di Sekolah Hati Kudus Yesus di Baton Rouge, Louisiana selalu dikunjungi oleh Gia, seekor anjing bernedoodle yang berusia 8 bulan. Kehadiran Gia selalu bersamaan dengan sekelompok Suster Mercedarian dari Sakramen Mahakudus.

Gia adalah anjing terapi yang datang mengunjungi ruang kelas dan berinteraksi dengan anak-anak. Kehangatan dan kelembutannya menjadi pasangan yang sempurna bagi anak-anak yang bersekolah di sekolah Katolik ini.

Suster Mary Rosario Vega, yang baru-baru ini merayakan ulang tahun hidup membiara yang ke-50 adalah salah satu biarawati yang melatih Gia. Ia membawanya ke sekolah setiap minggu.

“Dia [Gia] memuja anak-anak, dia sangat setia, sangat cerdas, sangat mudah dilatih.”

Gia menghabiskan sebagian besar hari-harinya di biara bersama para suster. Sr Vega menjelaskan, bahwa anjing itu duduk di luar saat para suster menghadiri Misa di kapel. Gia juga selalu menghadiri adorasi bersama para suster. Para suster sekarang sedang melatihnya untuk dapat menghadiri Misa bersama anak-anak.

“Secara umum, dia sangat baik, sangat pendiam. Dia datang untuk adorasi — masing-masing dari kita memiliki satu jam adorasi dengan Sakramen Mahakudus — itulah saat terbaiknya,” katanya.

Namun, waktunya bersama anak-anaklah yang membuat Gia paling bahagia. Sr Vega mengatakan, tanggapan dari para siswa, guru, dan orang tua membuatnya semakin berharga.

“Sangat indah melihat anak-anak, berubah ketika mereka melihat anjing itu mengibas-ngibaskan ekornya. Dia sangat baik dengan anak-anak. Ketika [para guru] melihat mereka menangis atau mengalami hari yang buruk atau apa pun, mereka membawanya ke kelas atau membawa anak itu kepadanya dan mereka menjadi tenang,” ungkap Sr Vega.

Gia juga mulai menjalin hubungan yang unik dengan beberapa siswa. Sr. Vega mengingat satu siswa yang berlutut memeluk dan Gia berdiri dan memeluknya.

Beberapa kegiatan favorit Gia termasuk istirahat bersama anak-anak, bermain di gym sekolah tempat anak-anak melempar bola tenis untuknya, dan menerima suguhan dari anak-anak di ruang kelas mereka.

Gia bukanlah anjing pertama yang dilatih oleh para suster. Empat belas tahun yang lalu, di biara mereka di Cleveland, para biarawati membesarkan seekor anjing bernama Ava. Dia adalah anjing pertama yang mereka latih sebagai bagian dari upaya mereka untuk mendampingi anak-anak sekolah lokal di dekat komunitas mereka.

Suster Mercedarian dari Sakramen Mahakudus didirikan oleh Venerable Maria del Refugio pada tahun 1910 di Mexico City. Dua ciri khas mereka adalah devosi kepada Ekaristi dan Bunda Maria. Para suster berusaha untuk memimpin orang-orang untuk mengalami kasih Allah yang penuh belas kasihan yang ditemukan melalui Ekaristi Kudus sambil ditemani oleh Perawan Maria dalam perjalanan diubahkan oleh Ekaristi.

Saat ini, ada lebih dari 430 suster yang mengelola 83 sekolah, pusat katekese, dan pelayanan paroki di 13 negara yang berbeda termasuk Meksiko, Italia, Spanyol, dan El Salvador.

Adapun Gia, dia akan terus dilatih dasar-dasarnya untuk menerima Sertifikat Warga Negara Anjing yang Baik dan berusaha untuk menjadi sumber cahaya dan kegembiraan bagi anak-anak yang dia kunjungi.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini