Rabu, Oktober 23, 2024
30.9 C
Jakarta

Pengalaman Politik Pertama Ku

Landak, Pena Katolik | Tak pernah terbayangkan sebelumnya, di usia 25 tahun, saya akan mendapat kesempatan istimewa untuk berperan ganda dalam sebuah acara yang begitu penting. Sebagai Ketua Bidang Pendidikan Kader dan Kerohanian GMKI, saya didaulat menjadi pemateri sekaligus peserta dalam acara “Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih” yang diselenggarakan bersama KPU Kabupaten Landak.

Bayangkan saja, di satu sisi saya harus menjelaskan Anggaran Rumah Tangga GMKI kepada anggota baru, dan di sisi lain, saya juga harus menyerap informasi tentang pemilu dari KPU Landak. Rasanya seperti belajar sambil mengajar, sebuah pengalaman yang sungguh menarik!

Yang membuat acara ini semakin seru adalah kehadiran teman-teman dari berbagai organisasi mahasiswa lainnya. Ada GMNI, PMKRI, BEM San Agustin, dan IPPNU yang ikut meramaikan suasana. Melihat begitu banyak anak muda berkumpul untuk belajar tentang demokrasi, rasanya hati ini jadi berbunga-bunga.

Siapa bilang generasi muda tidak peduli dengan politik? Berbicara soal KPU Landak, saya harus mengacungkan dua jempol untuk mereka. Cara mereka menyampaikan informasi tentang pemilu begitu profesional dan mudah dipahami. Saya jadi berpikir, “Wah, ternyata KPU tidak sekaku yang saya bayangkan!”

Pengalaman ini membuka mata saya bahwa kolaborasi antara organisasi kepemudaan dan lembaga pemerintah bisa jadi sangat menyenangkan dan bermanfaat. Rasanya seperti menemukan puzzle yang hilang dalam upaya membangun kesadaran politik di kalangan pemuda.

Ketika acara berakhir, saya pulang dengan senyum lebar dan kepala yang dipenuhi ide-ide baru. Rasanya tidak sabar untuk berbagi pengalaman ini dengan teman- teman GMKI lainnya dan mulai merencanakan kegiatan-kegiatan serupa di masa depan. Jadi, kepada teman-teman muda di luar sana, jangan ragu untuk terlibat dalam kegiatan politik dan kenegaraan. Percayalah, prosesnya tidak seseram yang kalian bayangkan. Malah, bisa jadi sangat mengasyikkan!

Mari kita sama-sama belajar, berpartisipasi, dan membangun Indonesia yang lebih baik. Toh, masa depan negara ini ada di tangan kita, bukan? Satu hal yang pasti, pengalaman berkolaborasi dengan KPU Landak ini akan selalu saya kenang.

Bukan hanya karena ilmu yang saya dapat, tapi juga karena saya jadi yakin bahwa dengan semangat kebersamaan, kita bisa menciptakan perubahan positif untuk Indonesia.

Ayo, siapa mau ikut dalam petualangan berikutnya, dan terima kasih kepada Beasiswa Dominikan Indonesia yang selalu mengajarkan bagaimana menjadi Servant Leadership yang baik. [Veggi Rische]

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini