Home BERITA TERKINI Santo Carlo Acutis lebih mencintai orang miskin daripada video game

Santo Carlo Acutis lebih mencintai orang miskin daripada video game

0

ASISI, Pena Katolik – Saat menjadi “ahli komputer,” Santo Carlo Acutis menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah untuk melayani orang miskin, daripada di dalam kamar tidurnya untuk bermain video game. Namun, sesekali ia juga bermain video game. Seseorang bahkan mungkin berpikir, karena St. Carlo bermain video game, seseorang dapat menjadi orang suci melalui video game.

Namun, penting untuk diingat, meskipun St. Carlo senang bermain video game, ia lebih senang melayani orang miskin. Dalam buku, Carlo Acutis: A Millennial in Paradise, Romo Will Conquer menceritakan pengalaman negatif yang dialami St. Carlo, saat bermain video game.

Romo Conquer menjelaskan, bagaimana suatu hari Carlo mengundang teman-temannya ke rumahnya untuk bermain video game. Awalnya, semua orang bersenang-senang, tetapi lama-kelamaan suasana menjadi buruk.

Teman-temannya menjadi gelisah dan marah, yang mengakibatkan banyak air mata dan perasaan terluka. St. Carlo terkejut oleh pengalaman itu dan menyadari bahwa “video game mengendalikan teman-temannya”.

Pengalaman itu berdampak besar padanya, dan ibu St. Carlo menceritakan bagaimana anaknya bermain video game. Meskipun biasanya hanya satu jam seminggu karena, ia mengerti bahwa seseorang dapat diperbudak oleh video game. Video game pada dasarnya tidak buruk atau jahat, tetapi menjadi kecanduan video game, menolak untuk pergi ke luar rumah, adalah suatu masalah.

Carlo menghabiskan lebih banyak waktu selama seminggu melayani kaum miskin, bahkan saat ia masih remaja. Nicola Gori, postulator dari gerakan Acutis, menjelaskan kepada Catholic News Agency bagaimana Carlos menghabiskan sebagian besar uang ekstranya untuk kaum miskin.

Sejak kecil, ia menunjukkan belas kasihan yang besar terhadap orang lain. Kasihnya luar biasa, pertama-tama untuk orang tuanya dan kemudian untuk orang miskin, tunawisma, orang terpinggirkan dan orang tua yang terlantar dan sendirian.

St. Carlo menggunakan tabungan dari uang saku mingguannya untuk membantu para pengemis dan mereka yang tidur di jalanan. Ia mengadakan pekan raya di paroki untuk membantu misi dengan dana yang terkumpul.

St. Carlo bahkan secara rutin menjadi sukarelawan di dapur umum yang dikelola gereja. Meskipun anak-anak mungkin tertarik pada Carlo karena kecintaannya pada permainan video, mereka harus diajari bahwa kekudusannya tidak dicapai melalui permainan video.

St. Carlo dibeatifikasi karena praktik imannya yang heroik, terutama cintanya kepada orang miskin dan Ekaristi. Perlu diingat, ia tidak dibeatifikasi karena kecintaannya pada PlayStation.

Beberapa waktu lalu, Paus Fransiskus telah mengakui mukjizat kedua yang dikaitkan dengan St. Carlo. Dengan pengakuan ini, menjadi pintu masuk untuk kanonisasinya. Dengan pengakuan Paus Fransiskus ini, ia mulai dipanggil santo. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version