Home BERITA TERKINI Daud dan Rosario

Daud dan Rosario

0

JAKARTA, Pena Katolik – Ketertarikan pada Daud, sang pejuang pemazmur, tidak pernah berakhir. Namun, sementara artefak hidupnya saat ini tengah beredar di dunia dan para peneliti tengah menggali detail tentang masa jayanya, satu pertanyaan, adakah kaitan dengan Rosario?

Daud adalah “raja yang sangat baik yang ‘menurut hati Tuhan.'” Ia juga merupakan salah satu pahlawan petualangan terhebat sepanjang masa, mengalahkan Goliath, Saul, dan banyak lawan dengan kepintaran dan keterampilan.

Namun, lebih dari itu, ia adalah orang yang menerima janji keselamatan yang ditepati oleh Yesus Kristus. Rosario tidak hanya menceritakan kisah janji itu, tetapi juga menempatkan kita pada jejak langkah Daud.

Pendiri Rosario

Daud adalah penulis tradisional dari 150 Mazmur. Doa ini didoakan oleh para biarawan dalam set yang terdiri dari 50 Mazmur dalam tiga siklus. Umat ​​awam ingin ikut serta, tetapi karena tidak memiliki buku (atau kemampuan membaca), mereka malah berdoa 150 kali Bapa Kami, mencatat doa mereka di manik-manik.

Kemudian, Salam Maria ditambahkan.

Tetapi kisah tentang Daud dan Rosario berjalan lebih jauh. Ketika Daud menghadapi Goliath, ia membuang baju besinya dan sebagai gantinya “memilih lima batu halus dari wadi dan menaruhnya di kantong tas gembalanya. Dengan ketapel di tangan, ia mendekati [Goliath].”

Kita juga menghadapi Goliath di zaman kita, dengan ketapel lima manik-manik Bapa Kami. Dengan 10 Salam Maria sebagai tambahan, dalam apa yang disebut Padre Pio “senjata” untuk masa ini.”

Namun, Rosario juga memberi tahu kita semua yang perlu kita ketahui tentang perjanjian Daud. Misteri Gembira menceritakan kisah tentang Tuhan yang membangkitkan Raja baru dalam Garis Daud yang dijanjikan-Nya.

Kabar Sukacita adalah pengumuman bahwa kerajaan kekal yang dijanjikan kepada keturunan Daud telah tiba. Malaikat Gabriel diutus kepada Maria karena ia telah bertunangan dengan seorang pria “dari keluarga Daud” dan diberi seorang anak yang ditakdirkan untuk “tahta ayahnya, Daud.”

Kabar Sukacita membandingkan Maria dengan Daud. Lukas mencantumkan banyak persamaan antara kunjungan tiga bulan Daud ke daerah perbukitan Yehuda dengan tabut perjanjian, dan kunjungan tiga bulan Maria. Maria bahkan menggunakan kata-kata dari awal kisah Daud untuk berdoa dalam Magnificat-nya.

Kelahiran Yesus merayakan raja yang baru lahir, yang lahir di kota Daud, dan Persembahan-Nya mengakui Mesias yang baru, “terang bagi bangsa-bangsa,” “kemuliaan Israel,” “yang ditetapkan untuk kebangkitan dan kejatuhan banyak orang,” dan untuk “penebusan Israel.”

Penemuan di Bait Suci menyingkapkan Yesus di rumah yang dipersiapkan Daud bagi Tuhan, menyebutnya “rumah Bapa-Ku.”

Misteri Terang memperlihatkan Yesus meresmikan kerajaan Daud yang baru.

Pada Pembaptisan di Sungai Yordan, suara Bapa secara terbuka menyatakan diri-Nya sebagai “Anak-Ku yang terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan,” memenuhi janji-Nya tentang seorang putra yang menebus.

Pesta Pernikahan di Kana menyingkapkan kerajaan. Yesus adalah seorang raja yang datang untuk melayani, dan Ia memulai pelayanan-Nya dengan bersikap penuh perhatian kepada ibunya seperti Daud sendiri.

Dalam Pewartaan Kerajaan-Nya, Yesus memulai khotbah-Nya dengan “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat.” Kemudian, Ia membacakan pewartaan tentang Mesias dari keturunan Daud dan berkata, “Pada hari ini genaplah nas ini di hadapanmu.”

Transfigurasi adalah gambaran awal dari kerajaan. Dalam Injil Matius, Markus, dan Lukas sebelumnya, yang memperlihatkan diri-Nya berubah rupa, Yesus berjanji untuk memperlihatkan kepada beberapa rasul “Kerajaan Allah datang dengan kuasa.”

Penetapan Ekaristi meresmikan kerajaan. Pada Perjamuan Terakhir, raja baru kita dari kota Daud, Betlehem — yang berarti rumah roti — mengarahkan “perhatian murid-muridnya kepada pemenuhan Paskah di kerajaan Allah,” kata Katekismus.

Misteri Duka dan Kemuliaan mengakhiri kisah Daud dengan cara yang tak terduga.

Katekismus mengatakan Daud mencontohkan tiga kebajikan: penyerahan diri kepada Allah, pertobatan, dan doa. Rosario diakhiri dengan Yesus melakukan hal yang sama: Yesus mencontohkan penyerahan diri kepada Allah dalam Penderitaan di Taman Getsemani, dan menunjukkan jalan pertobatan dalam Pencambukan di Pilar, kemudian, seperti seorang raja, ia dimahkotai dengan Duri dan berjubah ungu dan memanggul Salib-Nya dengan tanda yang menyatakan dia sebagai “Raja orang Yahudi.” Terakhir, Yesus disalibkan setelah mengabulkan doa untuk “Ingatlah Aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”

Namun, putra Daud ini menunjukkan bahwa ia juga adalah Tuhan Daud melalui Kebangkitan dan Kenaikan-Nya ke sebelah kanan Bapa di mana “segala kuasa diberikan kepada-Ku”. Pada hari Pentakosta, Kerajaan Daud akhirnya datang — di dalam Gereja — dan Bunda Maria Diangkat ke surga untuk Penobatannya sebagai Ibu Suri.

Jadi, luangkan waktu bersama Raja Daud dan Keturunannya yang Agung. Tanpa Raja Daud, tidak akan ada Rosario — dalam banyak hal.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version