Sabtu, September 28, 2024
32.3 C
Jakarta
spot_img

Paus Fransiskus Mengunjungi Luksemburg: Ia Meminta Umat Katolik Menyebarkan Injil di Eropa

LUKSEMBURG, Pena Katolik – Paus Fransiskus mendarat di Luksemburg pada hari Kamis, 28 September 2024. Persinggahan pertama dalam Lawatan Apostolik empat hari ke dua negara yang secara historis merupakan negara Kristen di Eropa.

Setelah dari Lukzemburg, Paus akan mengunungi Belgia. Saat ini, kedua negara ini mengalami penurunan tajam dalam hal kepatuhan beragama di tengah meluasnya sekularisasi.

Paus berusia 87 tahun itu menghabiskan satu hari untuk mengunjungi Luksemburg, negara kecil namun kaya. Ia meminta para politisi untuk dipimpin oleh nilai-nilai spiritual. Ia juga meminta umat Katolik setempat untuk melaksanakan “pewartaan misionaris” Injil di Eropa.

Berhenti di Katedral Notre-Dame bergaya Gotik abad ke-17, Fransiskus menggemakan kata-kata Santo Yohanes Paulus II selama kunjungannya tahun 1985 ke Luksemburg. Sebagai negara monarki konstitusional, Luksemburg adalah negara terkecil kedua di Uni Eropa. Namun, negara ini menjadi yang terkaya secara per kapita. Negara ini diperkirakan memiliki populasi 672.000 orang.

Luksemburg juga merupakan tempat kedudukan beberapa lembaga Uni Eropa, termasuk Pengadilan Keadilan Uni Eropa, otoritas peradilan tertinggi.

Hanya beberapa hari setelah membatalkan dua audiensi karena flu ringan, Paus Fransiskus tiba dan mendapati cuaca dingin dan hujan di negara itu. Ia disambut oleh kerumunan orang yang berbaris di jalan-jalan dengan jas hujan, memegang payung dan bendera Luksemburg kecil.

Gereja di Luksemburg

Luksemburg hanya memiliki satu wilayah gerejawi, Keuskupan Agung Luksemburg, yang dipimpin oleh Kardinal Jean-Claude Hollerich, SJ, relator jenderal Sinode Sinodalitas Gereja Katolik.

Hollerich mengatakan kepada “EWTN News Nightly” bahwa Gereja Katolik di Luksemburg adalah “Gereja miskin di negara kaya.”

Namun, statistik tentang praktik agama Katolik bahkan lebih suram. Survei TNS Ilres tahun 2022 menemukan bahwa dari populasi yang menganggap dirinya religius, yang sebagian besar beragama Katolik, hanya 6% yang mengatakan mereka pergi Misa setiap minggu dan 30% mengatakan mereka “tidak pernah atau hampir tidak pernah” menghadiri Misa.

“Dulu kami se-Katolik Irlandia. Dan seperti Irlandia, tidak banyak yang tersisa dari masa itu,” kata Hollerich.

Kardinal itu mencatat bahwa Luksemburg sangat internasional: Hanya 30% dari populasi lahir di Luksemburg dan sekitar setengahnya bukan warga negara. Demografi ini juga tercermin di Gereja.

“Jadi, kami memiliki masyarakat migran, dan kami memiliki komunitas yang berkembang, berbahasa Portugis, berbahasa Inggris, berbahasa Prancis, berbahasa Polandia, dan mereka adalah tanda-tanda harapan bagi Gereja kami,” kata Hollerich.

Selama audiensinya dengan komunitas Katolik di Katedral Notre-Dame, Paus Fransiskus mendengarkan kesaksian Suster Maria Perpétua Coelho Dos Santos. Suster itu mengatakan, Gereja lokal kaya dengan komunitas bahasa, termasuk imigran dari Vietnam, Tanjung Verde, Ukraina, Filipina, Kroasia, Republik Ceko, Slowakia, Hongaria, dan berbagai negara Afrika.

“Jika memang benar bahwa keberagaman kita merupakan tantangan sehari-hari, kita menjalaninya terutama sebagai kekayaan,” katanya.

Paus Fransiskus juga mendengarkan kesaksian seorang penduduk muda, Diogo Gomes Costa, yang berbicara tentang bagaimana imannya dihidupkan kembali dengan menghadiri Hari Pemuda Sedunia 2023 di Lisbon, Portugal.

Menurut Keuskupan Agung Luksemburg, dalam waktu delapan jam setelah pendaftaran dibuka, lebih dari 10.000 orang telah mendaftar untuk satu dari 650 tempat yang tersedia untuk pertemuan dengan Paus Fransiskus di katedral Luksemburg. Tempat duduk ditentukan melalui undian acak dan layar raksasa dipasang di luar tempat ratusan orang menyaksikan pertemuan tersebut.

“Gereja di Luksemburg hidup dalam masyarakat yang sangat sekuler, dengan penderitaan dan kesulitannya, tetapi juga dengan jalan harapannya,” kata Hollerich dalam sambutannya kepada Paus Fransiskus di katedral.

Sebagai bagian dari kunjungannya, Paus membuka Tahun Yubelium Maria untuk Keuskupan Agung Luksemburg, yang memperingati 400 tahun devosi kepada pelindung negara itu, Maria, Penghibur bagi yang Menderita, demikian seperti diberitakan CNA. (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini