Jumat, September 20, 2024
31.8 C
Jakarta
spot_img

Vatikan Menyetujui Devosi Penampakan Maria di Medjugorje, Bosnia-Herzegovina

VATIKAN, Pena Katolik – Dikasteri Ajaran Iman mengumumkan persetujuan Vatikan untuk devosi kepada Bunda Maria di situs ziarah Medjugorje, Bosnia dan Herzegovina. Pengumuman ini disampaikan Kardinal Victor Fernandez, 19 September 2024.

Pernyataan Dikasteri Ajaran Iman ini ditandatangani oleh Kardinal Víctor Manuel Fernández dan disetujui oleh Paus Fransiskus dalam audiensi pada 28 Agustus 2024. Dengan keputusan ini, Vatikan memberikan “nihil obstat” bagi pengalaman spiritual di Medjugorje.

Dengan keputusan ini, para peziarah dapat terus mengunjungi dan berdoa di tempat tersebut. Selama ini, Situs Ziarah Medjugorje telah dikunjungi oleh sekitar 40 juta orang dari seluruh dunia, sejak pengakuan penampakan tersebut diduga pertama kali pada 43 tahun yang lalu.

Enam Anak

Pada 24 Juni 1981, enam anak pertama kali melaporkan mengalami penglihatan tentang Bunda Maria. Tempat penampakan itu berada di puncak bukit dekat Desa Medjugorje. Laporan Vatikan mencatat bahwa tempat terpencil tersebut, yang sebelumnya merupakan bagian dari Yugoslavia, sekarang secara luas “dianggap sebagai tempat yang sangat damai, penuh kenangan, dan kesalehan.

Laporan tersebut menunjuk pada “banyaknya pertobatan, seringnya kembali ke sakramen-sakramen (khususnya, Ekaristi dan rekonsiliasi), banyaknya panggilan untuk menjadi imam, religius, dan menjalani kehidupan perkawinan.

“Perlu dicatat,” laporan tersebut menekankan, “bahwa pengalaman-pengalaman seperti itu terutama terjadi dalam konteks ziarah ke tempat-tempat yang terkait dengan peristiwa-peristiwa asli, bukan dalam pertemuan-pertemuan dengan ‘para visioner’ yang hadir pada penampakan yang diduga.”

Kardinal Víctor Manuel Fernández, prefek Dikasteri Ajaran Iman, mengangkat tinggi buku “Medjugorje: Koleksi Lengkap Pesan dari Ratu Perdamaian” pada konferensi pers tentang Medjugorje di Roma, Italia, Kamis, 19 September 2024. Daniel Ibáñez/CNA

Kardinal Fernandez menyampaikan laporan tersebut dalam konferensi pers selama dua jam di Kantor Pers Takhta Suci. Prelatus itu mengutip pernyataan Kardinal Joseph Ratzinger (Paus Benediktus XVI) tahun 1985 yang menekankan pemisahan pertanyaan tentang asal usul supernatural dari buah-buah rohani.

Kardinal Fernandez mengemukakan, bahwa Kardinal Ratzinger mengatakan meskipun pemikiran kritis modern mungkin mempertanyakan beberapa aspek, ini tidak mengurangi fakta bahwa ziarah-ziarah itu membuahkan hasil, bermanfaat, dan penting bagi kehidupan umat Kristiani.

Paus Fransiskus mengatakan tidak ada “tongkat ajaib” untuk menentukan keaslian fenomena tersebut, tetapi fakta pastoral spiritual tidak dapat disangkal.

Spiritualitas pesan-pesan

Bagian penting dari dokumen tersebut adalah ringkasan dari poin-poin utama dan spiritualitas dari berbagai pesan yang diduga diterima oleh para visioner. Para saksi penampakan itu mengidentifikasi Maria sebagai “Ratu Perdamaian”. Gelar ini paling orisinal dalam pesan-pesan yang diduga, meskipun Maria paling sering menyebut dirinya sebagai “Ibu”.

Dalam konferensi pers hari Kamis, Fernandez mengutip beberapa pesan yang diduga bersifat membangun yang menurutnya bersifat mendidik.

“Sebagian besar pesan memiliki konten yang indah yang dapat merangsang umat beriman untuk bertobat, untuk bertumbuh dalam perjumpaan mereka dengan Kristus, untuk menjadi pembawa damai di dunia,” katanya. (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini