Home BERITA TERKINI Paus Fransiskus di Papua Nugini: Utamakan Cinta daripada Takhayul

Paus Fransiskus di Papua Nugini: Utamakan Cinta daripada Takhayul

0

PAPUA NUGINI, Pena Katolik – Paus Fransiskus pada hari Minggu, 8 September 2024 mendorong umat Katolik di kota terpencil di Papua Nugini untuk terus menjadi misionaris di tempat tinggal mereka. Ia mendorong umat untuk menggantikan takhayul dan ketakutan dengan cinta.

Setelah merayakan Misa di Port Moresby pada tanggal 8 September 2024, Paus menempuh perjalanan sejauh 620 mil melalui udara ke Vanimo, sebuah kota pesisir di semenanjung di barat laut Papua Nugini yang dekat dengan perbatasan dengan Papua, sebuah provinsi di Indonesia.

Di dalam pesawat yang membawanya, Paus Fransiskus membawa obat-obatan, pakaian, mainan, dan kebutuhan lainnya untuk membantu orang-orang yang tinggal di daerah terpencil, demikian Vatican News.

Di Pro-Katedral Salib Suci Vanimo, Paus Fransiskus menyampaikan di hadapan sekitar 20.000 umat Katolik setempat untuk menjadi misionaris di tempat tinggal mereka.

“Di rumah, di sekolah, di tempat kerja, sehingga di mana-mana, di hutan, desa, dan kota, keindahan pemandangan alam dapat diimbangi oleh keindahan komunitas tempat orang-orang saling mencintai. Dengan cara ini, kita akan semakin membentuk orkestra yang hebat,” Fransiskus menambahkan,

Keuskupan Katolik Vanimo memiliki sekitar 41.000 umat Katolik, sekitar 30% dari populasi wilayah tersebut. Setelah melalui sejarah para uskup misionaris, sejak 2018 keuskupan tersebut dipimpin oleh Uskup Francis Meli. Keuskupan tersebut, yang merupakan wilayah misionaris, pertama kali dibentuk sebagai prefektur apostolik pada tahun 1963.

“Setelah mengunjungi negara Anda, banyak wisatawan pulang dengan mengatakan bahwa mereka telah melihat ‘surga’,” kata Paus Fransiskus.

“Mereka biasanya merujuk pada keindahan alam yang mereka nikmati. Namun, kita tahu bahwa ini bukanlah harta karun terbesar. Ada harta karun yang lebih indah dan mempesona yang ditemukan di hati Anda dan yang terwujud dalam kasih amal yang Anda berikan kepada satu sama lain.”

“Hadiah paling berharga yang dapat Anda bagikan dengan semua orang adalah membuat Papua Nugini terkenal, bukan hanya karena keanekaragaman hayati tumbuhan dan hewannya, pantainya yang mempesona, dan lautnya yang jernih, tetapi terutama karena orang-orang baik yang Anda temui di sini,” katanya.

Saat berada di Vanimo, Paus Fransiskus juga mengunjungi Sekolah Humanistik Tritunggal Mahakudus. Sekolah Katolik ini didirikan pada tahun 1964 oleh para misionaris Pasionis. Sekolah tersebut, yang terletak di desa Baro, tepat di luar Vanimo, memiliki 400 siswa sekolah dasar dan 100 siswa lainnya di sekolah menengah yang baru didirikan.

Kunjungan Paus ditutup dengan pertemuan pribadi dengan para misionaris, yang juga menampilkan konser singkat oleh Queen of Paradise Children’s Orchestra, sebelum ia terbang kembali ke Port Moresby untuk bermalam.

Kunjungan tiga hari Fransiskus ke Papua Nugini, tempat terdapat 2,5 juta umat Katolik, merupakan perjalanan kedua dari perjalanan 11 hari ke Asia Tenggara dan Oseania.

Pertemuannya dengan para misionaris dan umat Katolik di Vanimo berlangsung pada sore hari setelah memimpin Misa untuk sekitar 35.000 umat Katolik dari seluruh Papua Nugini dan Oseania di Stadion Sir John Guise di Port Moresby. Paus Fransiskus akan kembali ke Stadion Sir John Guise pada hari Senin untuk berbicara kepada kaum muda sebelum berangkat ke Timor Timur. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version