Home BERITA TERKINI Paus Fransiskus Menentang Usulan untuk ‘Membubarkan’ Universitas Urbaniana yang Berusia 400 Tahun...

Paus Fransiskus Menentang Usulan untuk ‘Membubarkan’ Universitas Urbaniana yang Berusia 400 Tahun di Roma

0

ROMA, Pena Katolik – Paus Fransiskus menyatakan ketidaksetujuannya pada hari Jumat 30 Agustus dengan usulan untuk menggabungkan universitas yang berfokus pada misi berusia 400 tahun di Roma,Italia dengan menggabungkan ke dalam universitas kepausan lainnya.

Anggota Departemen Evangelisasi bertemu dalam sidang pleno luar biasa pada tanggal 29–30 Agustus untuk membahas masa depan Universitas Kepausan Urbaniana, yang mendidik para imam dan biarawan dari wilayah misi Gereja Katolik.

“Ada beberapa rencana untuk ‘membubarkan’ [universitas] dengan universitas-universitas lainnya: Tidak, ini tidak akan berhasil,” kata Fransiskus dalam pidatonya pada tanggal 30 Agustus 2024 kepada para kardinal, uskup, imam, dan biarawan yang berkumpul untuk sidang pleno.

Menurut Agenzia Fides, kantor berita yang berfokus pada misi di bawah Departemen Evangelisasi, sidang Roma merupakan langkah peralihan dalam diskusi tentang “masa kini dan masa depan” Universitas Kepausan Urban.

Dikenal juga sebagai “Urbaniana,” universitas misionaris ini didirikan sebagai Kolese Urbaniana pada tahun 1627 oleh Paus Urbanus VIII. Lembaga pendidikan ini bagian dari Kongregasi Suci Propaganda Fide saat itu.

Pada tahun 1962, universitas ini ditingkatkan statusnya menjadi universitas kepausan. Misinya adalah untuk melatih dan mendidik para imam, biarawan, dan kaum awam yang membantu menyebarkan Injil di tempat-tempat yang tidak memiliki kehadiran iman Kristiani yang kuat, atau tempat-tempat yang Gerejanya memiliki sedikit sumber daya keuangan.

Awal tahun ini, penerbit Vatikan menandatangani perjanjian dengan pers universitas kepausan itu untuk membantu produksi editorial beberapa publikasinya.

Libreria Editrice Vaticana akan membantu Pers Universitas Urbaniana dengan manajemen editorial produksi ilmiah dari layanan penerbitan bersejarah universitas tersebut. Perubahan tersebut merupakan bagian dari restrukturisasi menyeluruh untuk meningkatkan kerja sama operasional antara Universitas Urbaniana dan universitas kepausan lainnya di Roma.

Konfigurasi ulang ini disertai dengan pengurangan staf pengajar. Untuk tahun akademik 2024-2025, universitas ini akan memiliki 47 dosen tetap dan 40 dosen tambahan dan dosen tamu. Jumlah ini berkurang. Sebelumnga, kampus ini memiliki 62 dosen tetap dan 113 dosen tambahan dan dosen tamu selama tahun akademik sebelumnya.

Didukung secara finansial oleh Dikasteri Evangelisasi bertujuan untuk mengurangi biaya sebesar 1,5 juta euro ($1,66 juta) pada tahun 2025.

Dalam pidatonya pada hari Jumat, Paus Fransiskus berterima kasih karena telah melakukan perjalanan ke Roma untuk merenungkan identitas, misi, harapan, dan masa depan Universitas Kepausan Urbaniana.

“Saya juga ingin memberikan beberapa pemikiran tentang ini,” tambahnya. Paus menggarisbawahi bahwa Urbaniana “memiliki identitasnya sendiri.”

“Memanfaatkan sumber daya dengan baik berarti menyatukan jalur yang sama, berbagi fakultas dari enam lembaga [kepausan], menghilangkan pemborosan, merencanakan kegiatan dengan bijaksana, dan meninggalkan praktik dan proyek yang sudah ketinggalan zaman.”

Dalam kasus khusus Urbaniana, penting bahwa, dalam kualitas pendidikan yang ditawarkan, kekhasan misioner dan antarbudayanya lebih menonjol. Paus Fransiskus berpesan mereka yang belajar di kampus ini dilatih untuk mampu memediasi pesan iman Kristiani dengan orisinalitas dalam hubungan dengan budaya dan agama lain. AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version