Home BERITA TERKINI Lonceng Olimpiade Paris 2024 Diberikan kepada Katedral Notre Dame

Lonceng Olimpiade Paris 2024 Diberikan kepada Katedral Notre Dame

0

PARIS, Pena Katolik – Lonceng yang dibuat untuk Olimpiade Paris 2024 akan segera ditempatkan di salah satu katedral paling bersejarah di dunia, Katedral Dotre Dame, Paris, Prancis, demikian diberitakan OSV News.

Selama Olimpiade 2024, atlet atletik membunyikan lonceng perunggu di Stade de France Saint-Denis. Sekarang, lonceng yang sama akan berbunyi selama Misa ketika Katedral Notre Dame dibuka kembali pada bulan Desember ini.

Lonceng yang memiliki berat 1.103 pon ini dibuat oleh pabrik pengecoran Cornille Havard. Pabrik pengecoran ini terletak di komune kecil Prancis Villedieu-les-Poêles di Normandia. Pabrik ini memproduksi lonceng untuk gereja dan katedral terbesar di Prancis. Ketika Olimpiade dilaksanakan di Prancis tahun ini, pabrik ini dipercaya untuk membuat lonceng in.

Penyelesaian Katedral Notre Dame di Paris Prancis. Katedral ini akan diresmikan pada Desember tahun ini, setelah renovasi pasca kebakaran beberapa tahun lalu. CNA

Pada tahun 2013, pabrik pengecoran Cornille Havard membuat sembilan lonceng baru untuk Notre Dame, dalam rangka ulang tahunnya yang ke 850.

“Kami dihubungi beberapa bulan lalu oleh Panitia Penyelenggara Paris 2024, untuk mengetahui apakah kami tertarik dengan lonceng ini. Dan kami menerima proposal ini,” kata imam di Katedral Notre Dame, Pastor Olivier Ribadeau Dumas.

Nantinya, lonceng Olimpiade Paris 2024 akan bergabung dengan dua lonceng lainnya di dalam katedral. Letak lonceng ini akan berada di dekat organ. Ketiga lonceng tersebut akan berbunyi bersamaan selama Misa pada saat konsekrasi.

Lonceng terbesar Notre Dame dikenal sebagai “le bourdon Emmanuel” ‘lebah Emanuel’ dan terletak di menara selatan. Lonceng ini sudah ada dari masa Raja Louis XIV pada akhir abad ke-17. Lonceng ini dibunyikan untuk peristiwa bersejarah seperti berakhirnya kedua Perang Dunia. Lonceng ini tidak terpengaruh oleh kebakaran tahun 2019 dan terus dibunyikan untuk acara-acara khusus.

Pastor Dumas mengatakan, bahwa bel “telah berbunyi beberapa kali sejak kebakaran, pada Paskah dan Natal, dan pada acara-acara khusus seperti kematian Paus Benediktus XVI.” (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version