Kamis, September 19, 2024
28.4 C
Jakarta
spot_img

14 Hal yang Dilarang Selama Misa Bersama Paus Fransiskus di GBK

JAKARTA, Pena Katolik – Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia tinggal menunggu hitungan hari. Rencananya, Paus Fransiskus akan memimpin Misa di Gelora Bung Karno, Jakarta pada 5 September 2024. Lalu, seperti apa tata tertib yang harus dijalankan umat Katolik ketika mengikuti Misa ini? Berikut 12 tata tertib yang dipublikasikan Komisi Komunikasi Sosial KWI:

1. Dilarang Membawa Makanan dan Minuman dari Luar

Umat yang datang ke GBK tidak perlu bingung untuk mencari makan dan minuman. Karena panitia telah menghadirkan makanan dan minuman dengan menghadirkan 100 stan UMKM.

2. Benda atau Cairan Mudah Terbakar

Mengingat ini merupakan kunjungan suci, benda atau cairan yang mudah terbakar sangat dilarang. Hal ini dikarenakan benda tersebut akan mudah terbakar jika sedang berdesakan dengan ribuan penonton.

Belum lagi hawa panas GBK akan mempermudah terjadinya proses pembakaran. Maka, benda tersebut sangat dilarang dibawa saat Anda menghadiri kunjungan suci Paus Fransiskus.

3. Tongkat Selfie, Laser, atau Benda Besi Lain

Tata tertib ini untuk memberi kenyamanan pandangan bagi peserta yang datang untuk melihat Paus Fransiskus. Penggunakan tongkat selfie atau laser atau benda besi sangat dilarang.

4. Poster, Bendera, atau Spanduk

Larangan ini untuk memudahkan pandangan peserta Misa Agung yang ingin melihat Paus khutbah. Peserta dilarang membawa poster, bendera, dan spanduk yang menghalangi pandangan peserta lain.

5. Benda Kemasan Kaca

Kaca menjadi salah satu elemen yang berbahaya jika tidak tertangani dengan baik. Hal ini dikarenakan benda tersebut mudah pecah saat terjatuh dan bisa membahayakan peserta lain.

6. Drone

Drone merupakan alat dokumentasi penting yang diwajibkan dalam sebuah acara besar, karena pengambilan gambarnya mampu menjangkau area luas. Namun, penggunaan drone saat Misa Agung bagi peserta tidak diperbolehkan, sebab menganggu tim dokumentasi yang akan mengambil gambar.

7. Membawa Botol Minuman

Tidak semua botol minuman aman. Demi menghindari hal yang tidak diinginkan, peserta tidak diperkenankan membawa benda tersebut.

8. Kamera DSLR

Dalam acara besar, tidak ada salahnya mendokumentasikan setiap momen. Namun, perlu dicatat penggunaan DSLR sangat dilarang karena menganggu tim dokumentasi dalam pengambilan gambar.

9. Membawa Hewan Peliharaan

Larangan ini diterapkan demi kenyamanan peserta Misa Agung. Sebab, tidak semua orang nyaman dengan hewan peliharaan yang dibawa ke mana-mana.

10. Payung Besar

Lebih baik membawa jas hujan sebagai antisipasi terjadi hujan ketika Misa Agung. Penggunaan payung tidak diperkenankan karena mengganggu satu dengan yang lain.

11. Terompet

Misa Agung ingin menciptakan atmosfer khusyuk. Oleh karena itu segala macam hal yang bisa mengeluarkan bunyi akan dilarang.

12. Merokok

Di dalam Stadion GBK memang sudah ada aturan dilarang merokok. Otomatis agenda Misa Agung juga menerapkan hal serupa.

13. Senjata Tajam dan Api

Demi menjaga kenyaman serta keamanan bersama, larangan membawa senjata tajam dan api. Jangan sampai Anda melewatkan aturan yang telah ditetapkan.

14. Minum Alkohol

Larangan ini diterbitkan untuk memastikan semua dalam kondisi nyaman. Sebab, alkohol bisa menganggu kesadaran orang yang berujung keributan.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini