Home VATIKAN Surat Fransiskus tentang Bagaimana Sastra Mendidik Hati dan Pikiran

Surat Fransiskus tentang Bagaimana Sastra Mendidik Hati dan Pikiran

0

Vatikan, Pena Katolik | Senin 05 Agustus 2024- Belum lama ini Paus Fransiskus menyampaikan suratnya kepada para calon imam, tetapi juga kepada para pekerja pastoral dan seluruh umat Kristiani, untuk menggarisbawahi “nilai dari membaca novel dan puisi sebagai bagian dari perjalanan seseorang menuju kedewasaan pribadi,” karena buku membuka ruang batin yang baru dan membantu dalam menghadapi hidup dan memahami orang lain.

Buku yang bagus membuka pikiran, merangsang hati, dan mempersiapkan kita untuk kehidupan, tulis Paus Fransiskus dalam suratnya kepada para calon pendeta , tetapi juga semua pekerja pastoral dan umat Kristen akan menghargai “membaca novel dan puisi sebagai bagian dari jalan seseorang menuju kedewasaan pribadi.”

Itu tulisan dari Tiziana Campisi dari Vatikan News yang tayang pada 04 Agustus 2024, 13:30 waktu Vatikan.

Dalam tulisan itu dia menuliskan bahwa Bapa Paus dalam suratnya menuliskan tentang peran sastra untuk pembinaan bermaksud untuk mendorong “kecintaan baru terhadap membaca” dan terutama “mengusulkan perubahan radikal” dalam persiapan para calon imam, sehingga lebih banyak ruang diberikan untuk membaca karya sastra.

Paus Fransiskus menulis itu pada 17 Juli dan diterbitkan pada hari Minggu, 4 Agustus.

Menurut Paus Fransiskus karena sastra dapat mendidik “hati dan pikiran para imam” untuk melaksanakan akal budi secara bebas dan rendah hati” dan untuk “pengakuan yang bermanfaat terhadap keragaman bahasa manusia,” dengan demikian memperluas kepekaan manusia dan mengarah pada keterbukaan spiritual yang lebih besar.

Lebih dari itu, tugas umat beriman, dan khususnya para imam, adalah menyentuh hati umat masa kini agar mereka tergerak dan terbuka terhadap pewartaan Tuhan Yesus.

“Dan dalam semua ini “sumbangan yang dapat diberikan oleh sastra dan puisi memiliki nilai yang tak tertandingi,” tulis Paus.

Paus Fransiskus (2024) – Sumber: Vatikan News

Membaca dengan baik

Dalam suratnya, Paus Fransiskus pertama-tama menekankan manfaat dari sebuah buku yang bagus yang dapat “memberikan oasis yang menjauhkan manusia dari pilihan-pilihan lain yang kurang menyehatkan,” dan ketika “di saat-saat lelah, marah, kecewa atau gagal, ketika doa itu sendiri tidak membantu kita menemukan ketenangan batin,” dapat membantu kita melewati saat-saat sulit dan “menemukan kedamaian batin”.

“Orang-orang dulunya lebih sering membaca “sebelum kita sekarang terus-menerus terpapar media sosial, ponsel, dan perangkat lain,” kata Paus.

Dia juga menggarisbahwahi bahwa bahwa dalam produk audiovisual, meskipun lebih lengkap, “waktu yang diberikan untuk ‘memperkaya’ narasi atau mengeksplorasi maknanya biasanya cukup terbatas”, sedangkan saat membaca buku, pembaca jauh lebih aktif. Karya sastra adalah “teks yang hidup dan selalu bermanfaat.

Terjadilah, pada kenyataannya, bahwa dalam membaca, pembaca diperkaya oleh apa yang diterima dari penulis, dan ini memungkinkan dia untuk membuat kekayaan pribadinya berkembang.

Sisihkan waktu untuk sastra

Meskipun merupakan hal yang positif bahwa “beberapa seminari telah bereaksi terhadap obsesi dengan ‘layar’ dan berita palsu yang beracun, dangkal, dan penuh kekerasan.

Bapa Paus menganjurkan untuk mendedikasikan waktu dan perhatian pada literatur,” untuk membaca dan mendiskusikan buku-buku, baru atau lama, yang memiliki banyak hal untuk dikatakan.

Dia mengakui bahwa secara umum mereka yang sedang dalam pembinaan untuk pelayanan tertahbis mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk mendedikasikan diri pada literatur, yang terkadang dianggap sebagai “sebuah ‘seni minor’ yang tidak perlu menjadi bagian dari pendidikan calon imam dan persiapan mereka untuk pelayanan pastoral.

“Pendekatan seperti itu tidak sehat dan dapat menyebabkan “pemiskinan intelektual dan spiritual yang serius bagi para imam masa depan, yang karenanya tidak memiliki akses istimewa yang diberikan oleh literatur ke inti budaya manusia dan, lebih khusus lagi, ke hati setiap individu,” kata Paus.

Karena dalam praktiknya literatur berkaitan dengan apa yang kita masing-masing inginkan dari kehidupan, tulisnya, dan literatur masuk ke dalam hubungan yang erat dengan keberadaan konkret manusia dan semua ketegangan, keinginan, dan maknanya.

Melihat Yesus

Agar dapat menanggapi dengan tepat kehausan banyak orang akan Tuhan, jangan sampai mereka mencoba memuaskannya dengan solusi yang mengasingkan atau dengan Yesus yang tidak berwujud.

Umat beriman dan imam dalam mewartakan Injil harus berusaha agar “setiap orang dapat berjumpa dengan Yesus Kristus yang menjadi manusia yang menjadi sejarah.

Paus menganjurkan kita tidak boleh melupakan “daging” Yesus Kristus, “daging yang terbuat dari nafsu, emosi dan perasaan, kata-kata yang menantang dan menghibur, tangan yang menyentuh dan menyembuhkan, pandangan yang membebaskan dan memberi semangat, daging yang terbuat dari keramahtamahan, pengampunan, kemarahan, keberanian, keberanian; dengan kata lain, cinta.

Karena alasan ini, Paus Fransiskus menekankan bahwa keakraban dengan sastra dapat membuat para calon imam dan semua pekerja pastoral semakin peka terhadap kemanusiaan penuh Tuhan Yesus, di mana keilahian-Nya sepenuhnya hadir. (Sam).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version