Home BERITA TERKINI Paus Fransiskus Berjumpa dengan Putra-Putri Altar di Lapangan St. Petrus

Paus Fransiskus Berjumpa dengan Putra-Putri Altar di Lapangan St. Petrus

0

VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus merayakan liturgi dengan puluhan ribu pelayan altar yang memadati Lapangan Santo Petrus, 30 Juli 2024. Ia mengingatkan mereka bahwa Yesus Kristus selalu hadir bersama mereka dalam Ekaristi.

Setelah pembacaan Injil Matius 14:22-36, yang mengenang ketakutan para pengikut Yesus dalam badai di Laut Galilea, Bapa Suci merenungkan bagaimana, bersama Yesus, mereka juga dapat mengatasi ketakutan dan keraguan di tengah kesulitan hidup.

“Ketika kita menerima Komuni Kudus, kita mengalami bahwa Yesus bersama kita baik secara rohani maupun fisik. Dia berkata kepada kalian, ‘Aku bersamamu’ tetapi tidak dalam kata-kata tetapi dalam sebuah gerakan, dalam tindakan kasih yaitu Ekaristi,” katanya kepada para peserta Ziarah Internasional ke-13 Para Pelayan Altar.

Lebih dari 50.000 peziarah yang mewakili 88 keuskupan di 20 negara Eropa telah datang ke Roma, Italia untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Acara ini berlangsung dari 29 Juli hingga 2 Agustus 2024.

Coetus Internationalis Ministrantium, sebuah asosiasi internasional untuk putra dan putri altar, telah menyelenggarakan ziarah khusus ini sejak 1961.

“Anda juga dapat berkomunikasi dan berkata kepada Tuhan, ‘Tuhan Yesus, aku menyertai-Mu,’ tidak hanya dengan kata-kata tetapi dengan hati, tubuh, dan hidup Anda,” kata Paus Fransiskus.

Paus Fransiskus mengingatkan para putra-putri Altar bahwa persatuan dengan Yesus ini, dan partisipasi dalam Misa, memberdayakan setiap orang yang melayani dan merayakan di altar untuk menjalankan perintah terbesar untuk “saling mengasihi seperti Aku telah mengasihi kalian”.

“Jika kalian, para pelayan altar, memiliki pikiran, hati, dan tubuh yang lembut, seperti Maria, maka misteri Tuhan menyertai kalian dan memberi kalian kemampuan untuk bersama orang lain. Kalian juga, berkat Yesus, dan hanya berkat Dia, dapat berkata kepada sesamamu, ‘Aku bersamamu,’” katanya.

Liturgi juga dimeriahkan dengan musik, dan doa-doa umat beriman dibacakan oleh perwakilan dari berbagai negara Eropa yang terlibat dalam ziarah. Meskipun cuaca Roma panas dan kelembabannya tinggi, Bapa Suci menghabiskan banyak waktu sebelum dan sesudah liturgi untuk menyambut dan memberkati puluhan ribu misdinar dari mobilnya. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version