Home NUSANTARA Dosen Logistik San Agustin, San-san Kenalkan Pentingnya ‘Rantai Pasok’ pada 500 Siswa...

Dosen Logistik San Agustin, San-san Kenalkan Pentingnya ‘Rantai Pasok’ pada 500 Siswa SMA-SMK Maniamas Ngabang

0

LANDAK, Pena Katolik | Sabtu 27 Juli 2024- Dengan antusiasme dan keingintahuan yang tinggi dari siswa San-san menilai acara hari itu tampaknya dapat menjadi langkah awal bagi siswa untuk mempertimbangkan karir di bidang logistik, sebuah sektor yang semakin krusial dalam mendukung perkembangan industri dan perekonomian regional.

Masih sangat hangat, 6 Juni 2024 lalu, sebanyak 500 siswa dari SMA dan SMK Maniamas Ngabang mendapatkan kesempatan ‘langka’ untuk menjelajahi dunia logistik dalam acara Pengenalan Dunia Logistik yang diselenggarakan di sekolah mereka.

Acara ini dipandu oleh Amanda Sandy Ardilla, S.Psi., M.T., seorang dosen pengampu mata kuliah dalam bidang Teknik Logistik dan Supply Chain.

Amanda Sandy alias San-san mengatakan bahwa pengenalan logistik bertujuan untuk membuka wawasan siswa mengenai peran vital yang dimainkan oleh teknik logistik dalam industri modern.

PKM Mata Kuliah Teknik Logistik San Agustin (2024)

“Di tengah perkembangan pesat industri, kebutuhan akan tenaga kerja terampil dalam bidang logistik semakin mendesak,” kata San-san (26/07).

Dia juga menambahkan meskipun Teknik Logistik adalah salah satu program studi yang relatif baru di Indonesia, keberadaannya sangat penting untuk mendukung kelancaran operasional berbagai sektor industri.

San-san juga menjelaskan bahwa banyak orang masih memandang logistik sebagai hal yang sempit, seperti layanan pengiriman dari JNE atau JNT.

Menurutnya, teknik logistik mencakup banyak aspek, salah satunya adalah Supply Chain atau rantai pasok.

Supply Chain adalah proses yang menghubungkan setiap tahapan produksi dari hulu ke hilir, mulai dari pengadaan bahan baku hingga distribusi produk akhir kepada konsumen.

“Kegiatan sehari-hari seperti mengupdate stok bahan makanan di rumah juga merupakan bagian dari logistik,” tambah San-san, (26/07).

Melalui acara itu, San-san ingin menunjukkan kepada siswa betapa luas dan pentingnya teknik logistik dalam kehidupan sehari-hari serta dalam dunia industri.

“Kami juga berharap ini akan menumbuhkan minat mereka untuk mengejar pendidikan di bidang ini,” tambahnya (26/07).

Dengan adanya acara yang telah diusung tersebut, San-san harapkan siswa SMA dan SMK Maniamas Ngabang dapat memahami lebih dalam mengenai bidang logistik dan supply chain.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia di Kalimantan Barat dalam menghadapi pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) yang baru,” pungkasnya (26/07). (Sam).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version