Home BERITA TERKINI Menteri Luar Negeri Vatikan Mengunjungi Ukraina untuk Menunjukkan Kedekatan Paus Fransiskus

Menteri Luar Negeri Vatikan Mengunjungi Ukraina untuk Menunjukkan Kedekatan Paus Fransiskus

0

VATIKAN, Pena Katolik – Menteri Luar Negeri Vatikan, Kardinal Pietro Parolin berada di Ukraina minggu ini untuk kunjungan pertama diplomat tersebut ke negara tersebut sejak dimulainya invasi Rusia pada tahun 2022.

Pada paruh pertama kunjungannya pada tanggal 19-24 Juli 2024, Kardinal Parolin singgah sebentar di Lviv sebelum melakukan perjalanan ke Odesa, kota pelabuhan di selatan, dan ke kota utara Berdychiv. Sore hari tanggal 21 Juli 2024, ia bertemu dengan Patriark Gereja Katolik Yunani-Ukraina, Sviatoslav Shevchuk di Katedral Kebangkitan Kristus di Kyiv.

Perjalanan selanjutnya akan mencakup pertemuan dengan otoritas agama dan sipil lainnya, termasuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

“Pesan yang saya bawa dari Paus adalah pesan kedekatan,” kata Parolin, menurut Vatican News.

Sejak awal, Paus telah menunjukkan kedekatan yang sangat besar, partisipasi yang sangat besar dalam penderitaan rakyat Ukraina. Ia datang ke negara yang dilanda perang itu untuk membawa kedekatan Paus Fransiskus.

Di Odesa, salah satu kota yang paling parah terkena dampaknya sejak awal perang, Kardinal Parolin mengunjungi Katedral St. Maria Assumpta. Ia bertemu dengan umat Katolik awam, para imam, dan perwakilan pemerintah dan Gereja Ortodoks Ukraina.

“Sebagai umat Kristiani, kita tidak boleh putus asa, melalui kasih karunia Tuhan, yang mampu menyentuh hati yang paling keras sekalipun, jalan menuju perdamaian yang adil dapat ditemukan,” kata Kardinal Parolin.

Di Odesa, Menteri Luar Negeri juga mengunjungi Paroki Katolik Yunani St. Michael dan Katedral Ortodoks Transfigurasi, yang rusak akibat serangan rudal Rusia tahun lalu.

Pada hari Minggu, 21 Juli 2024, Kardinal Parolin merayakan Misa di Gereja Bunda Maria dari Gunung Karmel di Berdychiv. Misa tersebut menandai berakhirnya ziarah umat Katolik ritus Latin di Keuskupan Lviv. Pada Misa itu, umat Katolik memohon berakhirnya perang yang sedang berlangsung di Ukraina.

“Ya Bunda Terberkati, semoga anak-anak dan kaum muda mempunyai masa depan yang damai dan terjamin, agar keluarga-keluarga menjadi tempat kasih sayang, agar orang tua dan orang sakit dapat menerima penghiburan dan keringanan dalam penderitaan mereka, agar mereka yang membela tanah airnya dapat terlindungi dari serangan kejahatan, agar tawanan perang kembali memeluk orang yang dicintainya, dan semoga para korban diterima di kerajaan surga,” demikian doa Kardinal Parolin. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version