Home BERITA TERKINI Seruan Beatifikasi Sybil Kathigasu, Calon Orang Kudus Pertama dari Malaysia yang Lahir...

Seruan Beatifikasi Sybil Kathigasu, Calon Orang Kudus Pertama dari Malaysia yang Lahir di Medan, Sumatera Utara

0

KUALA LUMPUR, Pena Katolik – Uskup Emeritus Penang, Kardinal Sebastian Francis menyerukan proses beatifikasi dan kanonisasi untuk Sybil Kathigasu, seorang pahlawan wanita dan martir awam yang gugur pada Perang Dunia II. Selama hidupnya, Kathigasu melindungi informasi dan menampung serta merawat anggota perlawanan anti-Jepang di Malaysia.

Kathigasu adalah seorang istri, ibu dari tiga anak, perawat, dan penganut Katolik yang taat.

Selama pendudukan Jepang di Malaya pada Perang Dunia II, ia dipenjara, dipukuli hingga hampir mati. Kemudian, ia dibiarkan lumpuh karena menyembuhkan luka tembak yang dialami seorang pejuang gerilyawan pemberontak.

Pada awal pendudukan, Kathigasu menggantung gambar Hati Kudus di dinding rumahnya. Sebanarnya, gambar itu menutupi sebuah lubang yang ia gunakan mengintip situasi di luar rumah.

Pada malam-malam terburuk setelah penangkapannya, dipenjara dan diisolasi, Kathigasu berpegang teguh pada rosario. Setelah dibebaskan, dia segera pergi ke gereja. Karena tidak bisa berjalan karena lumpuh akibat pemukulan yang parah, ia merangkak menyusuri lorong Gereja St. Yosep di Batu Gajah, Perak. Selama perjalanan itu, ia memanjatkan syukur kepada Tuhan.

Kardinal Francis telah menunjuk Pastor Eugene Benedict dari Keuskupan Agung Kuala Lumpur untuk menyelidiki kehidupan Kathigasu. Langkah ini akan menentukan apakah akan melanjutkan proses beatifikasinya.

Lahir di Medan

Kathigasu menjalani kehidupan biasa sebelum perang dimulai. Ia lahir di Medan, Sumatera, Indonesia dari seorang pemilik perkebunan Irlandia-Eurasia bernama Joseph Daly dan istrinya, Beatrice Matilda Martin, seorang bidan. Dia adalah anak kelima dan putri satu-satunya.

Mereka membesarkan Kathigasu dalam iman Katolik. Setelah dewasa, ia jatuh cinta dengan Abdon Clement Kathigasu, seorang dokter yang beragama Hindu. Ketika dia meminta izin ayahnya untuk menikahinya, Abdon meyakinkannya bahwa dia akan menganut agama yang sangat penting bagi keluarga mereka.

Mereka menikah pada 7 Januari 1919, dan memiliki putra pertama mereka, Michael, sembilan bulan kemudian. Michael meninggal 19 jam setelah kelahirannya pada 26 Agustus 1919, dan ibu Sybil menyarankan agar mereka mengadopsi seorang putra, William. Putri pertama mereka, Olga, lahir kurang dari dua tahun kemudian, pada 26 Februari 1921, dan Dawn, putri bungsu mereka, lahir pada 21 September 1936.

Tinggal di Ipoh

Mulai tahun 1926, pasangan ini menjalankan praktik medis swasta di kota Ipoh di Malaya. Tanda-tanda perang mengganggu kehidupan bahagia mereka pada tahun 1941 ketika Ipoh dibom. Abdon yang terkena pecahan peluru harus dilarikan ke rumah sakit dan dioperasi.

Ini adalah awal dari pendudukan Jepang di Malaya. Keluarga tersebut pindah ke pinggiran Ipoh demi keamanan, di kota pertambangan timah kecil bernama Papan. Mereka tinggal di ruko seorang teman di Jalan Utama No. 74.

Polisi Jepang, yang dikenal sebagai Kempeitai, datang untuk menduduki Ipoh, menerapkan hukum yang ketat dan menggunakan penyiksaan untuk menyelidiki setiap tersangka, termasuk bentuk waterboarding Jepang yang disebut “pengolahan air” di mana pelaku memasukkan galon air ke tenggorokan korban dan kemudian stempel di perut korban.

Kathigasu dan suaminya mengikuti berita tersebut melalui radio gelombang pendek ilegal yang mereka juluki “Josephine.” Mereka merawat pasien selama perang, memberikan layanan mereka secara gratis kepada mereka yang paling membutuhkan. Ketika seorang gerilyawan masuk ke klinik mereka dengan lubang peluru di kakinya, mereka membantunya. Kathigasu memberikan perawatan medis, informasi, dan perlindungan kepada perlawanan anti-Jepang.

Kemartiran

Tersebar kabar tentang bidan pemberontak. Suaminya ditangkap pada bulan Juli 1943, dan sebulan kemudian, dia juga ditangkap.

Selama dipenjara, Kathigasu dan suaminya diinterogasi dan dipukuli, dan Abdon diberi perawatan air sebanyak tiga kali. Kathigasu dipukuli dan diinterogasi tetapi berdoa rosario, menolak memberikan informasi apapun kepada Kempeitai.

Penyiksaan psikis dan fisik mencapai puncaknya ketika Sersan Kempeitai. Eiko Yoshimura menculik putri pasangan tersebut, Dawn, yang saat itu berusia 5 tahun. Para petugas mengikat anak itu ke sebuah pohon dan membuat perapian di bawahnya. Para tentara itu mengancam akan memotong tali yang menahan Dawn di atas api jika Kathigasu tidak berbicara. Kathigasu diikat dan dipukuli dengan tongkat.

“Jangan beri tahu mereka apa pun,” teriak Dawn kepada ibunya seperti ditulis dalam otobiografinya.

Kathigasu tidak memberitahu mereka apa pun. Petugas mulai memotong tali. Namun mereka merasa kasihan pada gadis muda itu dan membawanya ke tempat yang aman. (AES)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version