Rabu, Juli 24, 2024
26.7 C
Jakarta

Semangat Pengabdian Mahasiswa: Cermin Kegiatan Kampus Mengajar di Kabupaten Landak

Dokumentasi 21 Juni 2024 – Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Landak. (2024).

LANDAK, Pena Katolik- Program kampus mengajar Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo, pada 21 Juni 2024 Dinas Pendidikan Kabupaten Landak menggelar acara penutupan untuk program Kampus Mengajar angkatan ke-7 yang melibatkan seluruh mahasiswa Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo yang ditugaskan di berbagai sekolah di Kabupaten Landak.

Acara ini bertempat di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh 54 mahasiswa dan 4 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang terlibat dalam program ini.

Dengan berakhirnya program angkatan ke-7 ini, Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo dan seluruh pihak terlibat berharap bahwa semangat untuk memberikan dampak positif bagi pendidikan akan terus diperjuangkan dalam setiap kegiatan Kampus Mengajar yang akan datang.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah-sekolah dasar Kabupaten Landak, sebagai respons terhadap tantangan dalam dunia pendidikan terutama selama pandemi COVID-19.

Menurut Sekretaris Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo, Jayadi, S.Pd., M.Or,

“Dengan adanya program Kampus Mengajar ini, kami berharap upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan dapat terus berlanjut,” kata Jayadi, (28/06/24).

Menurutnya, kehadiran mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, termasuk dari kampus, menunjukkan komitmen dalam mendukung pendidikan di tingkat dasar melalui literasi dan numerasi.

Salah satu mahasiswa yang terlibat dalam program ini, Santania Klara (20 tahun), menjelaskan bahwa kegiatan hari itu meliputi penyerahan Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) serta laporan akhir dari mahasiswa kepada Dinas Pendidikan.

Suasana Kegiatan RAK di Dinas Pendidikan Kabupaten Landak, (2024).

“Kami merasa bahwa kegiatan ini tidak hanya menandai berakhirnya tugas kami di sekolah-sekolah, tetapi juga meninggalkan kesan yang mendalam tentang semangat pengabdian dan harapan untuk masa depan pendidikan yang lebih baik,” ujarnya, (28/06/24).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Landak, Hery Mulyadi, menyambut baik penutupan program ini sebagai wujud komitmen bersama untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di daerahnya.

Penyerahan RAK ini dinilai oleh mahasiswa menunjukkan bahwa mereka berkomitmen untuk melanjutkan upaya-upaya positif yang telah dilakukan selama program Kampus Mengajar, demi masa depan pendidikan yang lebih baik untuk Kabupaten Landak.

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu inisiatif yang memperkuat hubungan antara dunia akademik dengan kebutuhan masyarakat nyata, dengan tujuan memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan bagi pendidikan di Indonesia.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bahwa semangat kolaborasi dan sinergi akan terus memajukan pendidikan di Kabupaten Landak serta menghasilkan bibit-bibit unggul yang dapat membantu peningkatan literasi dan numerasi di sekolah-sekolah.  

“Saya juga berharap semoga di kegiatan kampus mengajar selanjutnya kampus dapat menciptakan bibit-bibit unggul dalam membantu sekolah dalam peningkatan literasi dan numerasi di sekolah-sekolah melalui para mahasiswa/i yang memiliki jiwa pengabdian yang besar,” tambah Klara, (28/06/24).(Sam).

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini