Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Lebanon Merayakan 199 tahun Peristiwa Ekaristi Ajaib

ZAHLE, Pena Katolik – Ribuan umat Kristiani berbondong-bondong ke Zahle, Lebanon, pada Kamis, 30 Mei, kota berjuluk “Kota 52 Gereja”, untuk merayakan hari raya Corpus Christi. Perayaan tahun ini memiliki arti khusus, menandai peringatan 199 tahun peristiwa ajaib yang dianggap menyelamatkan Zahle dari wabah pes.

Persiapan pesta dimulai seminggu sebelumnya, yang berpuncak pada prosesi penerangan lilin pada malam Corpus Christi. Prosesi tersebut melintasi jalan-jalan Zahle, dimulai dari Biara St. Elias Al-Touak dan berakhir di Katedral Melkite Our Lady of Deliverance. Umat ​​beriman berjalan dan berdoa serentak, dipimpin oleh suara terompet yang menggetarkan. Prosesi tersebut diakhiri dengan pemberkatan yang diberikan oleh Patriark Melkite Youssef al-Absi dan Uskup Ibrahim Ibrahim.

Menjelang fajar pada hari Kamis, gereja-gereja di berbagai komunitas Kristen di Zahle dipenuhi oleh jamaah yang menghadiri Misa pagi. Setelah kebaktian, prosesi besar-besaran melintasi jalan-jalan kota, menghentikan sementara lalu lintas karena ukurannya yang besar. Prosesi ini mencapai puncaknya di Government Seray, di mana para imam dan uskup dari berbagai denominasi memberikan berkat kepada orang banyak yang berkumpul.

“Hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi kami di Zahle,” jelas Uskup Melkite di Zahle, Ibrahim Ibrahim. “Meskipun ada perbedaan denominasi, kami umat Kristiani berkumpul sebagai satu kesatuan untuk memuliakan Tuhan yang hadir dalam Roti dan Anggur. Di Zahle, persatuan umat Kristiani telah menjadi pengalaman hidup jauh sebelum istilah itu sendiri menjadi populer.”

Tradisi merayakan Corpus Christi di Zahle bermula dari momen penting dalam sejarah kota tersebut. Pada tahun 1825, wabah pes, penyakit mematikan, melanda wilayah tersebut. Mengikuti desakan Uskup Ignace Ajoury, warga Zahle mengadakan prosesi dan memanjatkan doa yang khusyuk di hadapan Ekaristi Kudus. Hebatnya, kota ini terhindar dari amukan wabah tersebut.

Meskipun hari raya Corpus Christi berasal dari Belgia pada tahun 1246, umat Kristen Timur dengan mudah mengadopsi perayaan tersebut.

“Selama hampir dua abad, tradisi ini dengan cermat diwariskan dari generasi ke generasi, sejak Mukjizat Ekaristi menyelamatkan kota kita,” kata uskup. “Pentingnya Ekaristi Kudus telah tertanam dalam hati kita sejak saat itu.”

Di negara yang lelah dengan berbagai krisis, Ibrahim menekankan peran abadi Gereja dalam memanjatkan doa bagi “keselamatan” Lebanon dari “wabah” kontemporer seperti korupsi.

“Melalui doa, Zahle dibebaskan dari wabah mematikan dua abad lalu,” ujarnya. “Saat ini, Lebanon menghadapi berbagai jenis wabah…dan Gereja memiliki peran penting dalam kesejahteraan spiritual negara tersebut melalui doa.”

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini