Selasa, Juli 16, 2024
30.2 C
Jakarta

Jelang Kapitel Umum Suster Dominikanes Indonesia: Menggapai Tantangan Zaman

Para Peserta Prakapitel Umum Suster Dominikanes Indonesia di Cimahi Jawa Barat. Sr. Charlie OP

CIMAHI, Pena Katolik – Menjelang persiapan Kapitel Umum Suster-Suster Dominikanes Indonesia, pada tahap pra kapitel diaadakan berbagai kegiatan, antara lain: pemilihan kapitulan dan studi bersama untuk memberikan masukan para kapitulan dalam sidang kapitel umum. Kegiatan ini dilaksanakan dua gelombang pada bulan Mei 2024 di Biara Pusat Kongregasi Suster-Suster Santo Dominikus Indonesia Cimahi, Jawa Barat.

Kegiatan bertema “Berjalan Bersama Menghidupi Semangat Pendiri” diisi dengan kegiatan studi kongregasi yang dirancang dalam rangka mempersiapkan Kapitel umum kongregasi pada tanggal 10 -15 Maret 2025. Sesuai Konstitusi No 162 Kapitel Umum merupakan perayaan persaudaraan dalam iman yang memiliki otoritas tertinggi dalam Kongregasi, tugasnya  membuat setiap keputusan yang mampu mendorong pembaharuan sesuai dengan tujuan pendiri, mengadakan refleksi tentang hidup dan tujuan Kongregasi,  serta membuat  keputusan-keputusan yang akan memperdalam hidup  spiritual dan apostolik para suster.

Menjelang kapitel umum ni, diperlukan wawasan-wawasan baru yang memadai dari hasil diskusi dalam studi kongregasi. Penghayatan spiritualitas Dominikan yang terus perlu direfleksikan dan dikembangkan  agar dapat mewartakan sesuai konteks zaman.

Maka tujuan diadakan studi untuk merefleksikan implementasi spiritualitas Dominikan dalam hidup sehari hari dan karya pewartaan dalam menyikapi peran Gereja, tantangan masyarakat dan situasi bangsa Indonesia saat ini  sebagai masukan untuk bahan persiapan Kapitel Umum Kongregasi 2025.

Adapun sebagai Nara Sumbernya Mgr. Antonius Benyamin Subiyanto OSC, Romo Adrian Adiredjo, OP, membahas tentang implementasi karisma St. Dominikus dan Spiritualitas Dominikan dalam pewartaan jaman ini. Rm. Heryatmoko, SJ, membahas tentang sikap dan peran Gereja, tantangan masyarakat serta situasi negara  saat ini dalam hubunganya dengan pewartaan kita jaman ini.

Mgr. Anton, dalam sambutannya menggunakan analogi:”Sebuah taman yang dirawat tampaklah indah, namun jika kurang diperhatikan maka tidak dapat dinikmati keindahannya.

Mgr. Anton mengatakan, para suster akan berbuah dan membawa sukacita ketika mengalami perjumpaannya dengan Yesus dalam doa sesuai semangat pendiri. Maka jika dalam mewartakan kebenaran ingin cepat maka bergeraklah sendiri tapi jika ingin pewartaan ini menjangkau lebih jauh dan berbuah maka bergeraklah bersama-sama walau banyak tantangan dan hambatan dalam kebersamaan itu.   

Sementara itu, Romo Adrian mengatakan, bahwa Spiritualitas Santo Dominikus meliputi Veritas (kebenaran), Contemplata Aliis Tradere (membagikan Dia yang kita kontemplasikan), dan Laudare-Benedicere-Praedicare (memuji-memberkati-mewartakan).

“Memuji dan bersyukur atas rahmat Tuhan, maka kita belajar melihat dari perspektif Allah. Kita diajak berani menerima berkat agar mampu menjadi berkat bagi sesama,  kita sering sulit menerima berkat  oleh karena kesibukan dan kurang peka akan berkat Tuhan sehingga berkat itu lewat begitu saja. Seorang pewarta dipanggil untuk mewartakan apa yang Yesus lakukan maka seorang pewarta melakukan peran nabi dengan menyuarakan adi kodrati,” ujar Romo Adrian.

Romo Heryatmoko mengatakan doa yang baik puncaknya pada tindakan, unsur otentik doa mendorong setiap orang untuk melakukan yang diperbuat Yesus.

“Kita mengalami kebangkitan Yesus bila kita sudah berbagi kepada yang lain, walau sekecil apapun talenta kita karena Tuhan akan melipatgandakan. Maka jangan bilang cinta sebelum terluka”.

Romo Heryatmoko dalam refleksinya menggunakan analisis Strengths, Opportunities, Aspirations, dan Results (SOAR) untuk lebih proaktif  berorientasi pada kekuatan untuk maju karena adanya keterlibatan, kolaborasi, dan berpikir positif. Ia mengatakan, tantangan yang lebih berat yang dihadapi para suster adanya IT. Maka sebaiknya para suster menyiapkan dan mengantisipasi tantangann itu. (Sr. Charlie OP)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini