Sabtu, Juli 27, 2024
30.6 C
Jakarta

Santo Selestinus V dan Tahun Yubelium Pertama dalam Gereja Katolik

Pope Benedict XVI stands by the salvaged remains of Pope Celestine V, in the 13th-century Santa Maria di Collemaggio Basilica, in L’Aquila, Italy, in 2009.

ITALIA, Pena Katolik – Peter Morrone hanyalah seorang imam biasa, ia bukan seorang cardinal. Sehingga keterpilihannya sebagai Paus adalah sebuah kejutan. Ia terpilih menjadi Paus Selestinus V dan memimpin Gereja hanya dalam waktu singkat, 5 Juli 12994 – 13 Desember 1294. Namun dalam karya yang singkat ini, ia menunjukkan teladan kekudusan yang dikenang hingga berabad-abad.

Peter Morrone adalah biarawan dan pertapa Benediktin yang tinggal di sebuah gua pegunungan terpencil. Saat terpilih menjadi Paus, ia sudah berusia sekitar 80 tahun. Waktu itu, 11 kardinal Gereja yang masih hidup telah menghabiskan lebih dari dua tahun dalam kebuntuan, untuk memilih Paus yang baru. Ketika Petrus Morrone menyampaikan kepada para kardinal pesan bahwa Tuhan akan menghukum mereka untuk penundaan itu, seketika namanya diajukan. Segera, pada tanggal 5 Juli 1294, sebuah konsensus dicapai. Konon, Petrus Morrone sempat enggan menerima pemilihan ini. Ia bahkan mencoba melarikan diri.

Pada 29 Agustus 1294, dia dimahkotai sebagai Paus Selestinus V di Basilika Santa Maria di Collemaggio di kota L’Aquila. Menurut sumber sejarah, selain raja, bangsawan, dan kardinal, lebih dari 200.000 orang menghadiri upacara tersebut, momen perayaan yang agung.

Satu bulan kemudian, salah satu tindakan pertama Selestinus sebagai paus adalah menyatakan kemungkinan bagi siapa saja untuk menerima indulgensi penuh. Ia menyampaikan, syarat menerima indulgensi ini adalah mengakui dosa-dosanya dan dengan tulus bertobat, juga setia mengunjungi Basilika Santa Maria di Collemaggio di antara matahari terbenam pada 28-29 Agustus 1294, pesta kemartiran St. Yohanes Pembaptis.

Indulgensi penuh adalah rahmat yang diberikan oleh Gereja Katolik melalui jasa Yesus Kristus, Maria, dan semua orang kudus untuk menghapus hukuman sementara karena dosa. Indulgensi Paus Selestinus V menjadi luar biasa pada saat itu, mengingat hal itu tersedia untuk siapa saja, terlepas dari status atau kekayaan. Tidak ada biaya kecuali pertobatan pribadi pada saat indulgensi sering dikaitkan dengan sedekah. Untuk alasan ini, beberapa orang menganggap Pengampunan Celestinian V ini disebut, sebagai tahun Yobelim pertama dalam sejarah.

Sayangnya, Paus Selestinus V tidak memerintah cukup lama untuk melihat warisan indulgensinya. Sebagai paus pada tahun 1294, ia juga penguasa Negara Kepausan. Pada 13 Desember, lima bulan setelah pemilihannya, ia mengundurkan diri dari kepausan. Ia menjadi Paus pertama yang mundur.

Paus Bonifasius VIII, penerus Paus Selestinus V, memenjarakan mantan Paus itu karena takut kemungkinan Selestinus akan menjadi anti-Paus Selestinus V. Paus Selestinus V meninggal sebagai tahanan sepuluh bulan kemudian. Paus Selestinus V dikanonisasi pada 1313 dan sejak 1327 dimakamkan di Basilika Santa Maria di Collemaggio di L’Aquila.

Indulgensi Selestinus V adalah awal dari tahun Yubelium yang biasanya dirayakan Gereja setiap 25 tahun. Pada tahun 1300, Paus Bonifasius VIII mengeluarkan banteng indulgensi yang menyatakan bahwa orang-orang Kristen yang mengakui dosa-dosa mereka, menerima Ekaristi dan melakukan ziarah ke Roma dapat menerima indulgensi penuh.

Paus Bonifasius VIII “terinspirasi” oleh “Yubelium” Selestinus V yang dimulai pada 1294 dan berlanjut setelah pengunduran dirinya sebagai paus dan kematiannya. Tradisi itu berlanjut hingga hari ini. Di L’Aquila, Indulgensi Selestinianus, atau Perdonanza Celestiniana dalam bahasa Italia, akan merayakan tahun ke-728 saat kunjungan Paus Fransiskus pada 28 Agustus 2022.

Tahun Yobel di Gereja, juga disebut Tahun Suci, telah berlangsung selama berabad-abad. Sebuah aspek penting dari Tahun Suci adalah indulgensi yang melekat saat setiap orang berjalan melalui Pintu Suci di salah satu dari empat basilika utama Roma, termasuk Basilika Santo Petrus. Persiapan sudah berlangsung di Roma dan Vatikan untuk Yobel biasa berikutnya pada tahun 2025. (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini