Sabtu, Juli 27, 2024
33.4 C
Jakarta

Kehidupan Seorang Gadis yang Mengalami Mukjizat Penyembuhan pada Hari Pemuda Sedunia tahun 2023

Hari orang Muda Sedunia di Lisabon Portugal tahun 2023. CNA

MADRID, Pena Katolik – Jimena, remaja putri yang mendapatkan kembali penglihatannya setelah menerima Komuni dalam Misa pada Hari Pemuda Sedunia (WYD) di Lisbon, Portugal, pada Agustus 2023. Dalam kisahnya kepada ACI Prensa, ia menceritakan tentang bagaimana dia mengalami momen itu.

Setelah kesembuhan itu, ia mengadakan pertemuan khusus dengan Paus Fransiskus selama ziarah ke Roma. Ia berterima kasih kepada Perawan Maria atas keajaiban itu.

Selama dua setengah tahun, Jimena menderita kehilangan penglihatan akibat masalah miopia yang menyebabkan kehilangan penglihatannya sebesar 95%.

Ia melakukan perjalanan ke Lisbon dari Madrid, bersama rombongan dari Opus Dei. Pada hari-hari sebelumnya, kerabat dan kenalan remaja putri tersebut mengadakan novena untuk berdoa kepada Bunda Maria Ratu Salju, yang hari rayanya diperingati pada 1 Agustus, hari yang sama Jimena mengalami pemulihan penglihatannya.

Waktu seolah berhenti di kafetaria Madrid, tempat Jimena dan ayahnya berbicara dengan ACI Prensa. Dengan kesederhanaan seorang gadis berusia 17 tahun, dan ekspresi penuh cahaya dan harapan, Jimena mengingat secara detail apa yang dia rasakan pada hari tahun lalu ketika dia sembuh.

Tangisan Damai

“Ketika kami kembali dari Komuni, saya duduk di bangku gereja. Kemudian, semua rasa gugup yang saya rasakan tiba-tiba hilang. Saya gemetar karena gugup, dan ketika kami berlutut setelah mengambil Komuni, saya memejamkan mata. Saat itu, saya merasakan kedamaian yang luar biasa, dan kemudian saya berhenti gemetar.”

Setelah menerima tubuh Kristus di gereja di Kota Évora de Alcobaça, sebuah kota di utara Lisbon, remaja putri tersebut berkata, bahwa dia merasa perlu untuk menangis. Namun, itu bukanlah tangisan biasa.

“Saya mulai menangis karena rasa damai, hal itu belum pernah terjadi pada saya sebelumnya.”

“Saya seperti sangat damai, seolah-olah di dalam hati saya sudah tahu apa yang terjadi, tanpa membuka mata. Lalu aku membukanya, aku menyeka air mataku, dan aku bisa melihat mezbah, tabernakel dengan sempurna,” kata Jimena.

Rencana Tuhan jauh lebih besar

Dia juga ingat saat mengenali teman-temannya. Mereka lalu merayakan bersamanya, atas apa yang telah terjadi.

“Saat Misa selesai, untuk mengucap syukur, saya naik untuk membaca Doa Perawan Maria Ratu Salju untuk mengucap syukur.”

Sejak saat itu, Jimena setiap hari bersyukur atas “keajaiban” yang membuatnya mengerti “bahwa kadang, seseorang harus membiarkan diri jatuh ke pelukan Tuhan, karena rencana-Nya jauh lebih besar daripada rencana manusia.

Ayah Jimena bercerita, sesaat sebelum penyembuhan, anaknya hendak menjalani operasi darurat di ruang operasi.

“Malam itu dia banyak berdoa kepada Bunda Maria, dan keesokan harinya konvergensi matanya sudah sembuh, jadi tidak perlu dioperasi,” ujarnya.

Saat berjalan-jalan di Pantai Rincón de la Victoria di Málaga, Spanyol, dalam perjalanan, mereka berhenti dan berdoa di hadapan gambar Bunda Maria dari Gunung Karmel yang ada di antara bebatuan. Ayah dan anak perempuan itu memutuskan untuk menyerahkan diri mereka sepenuhnya kepada Perawan Maria.

“Saat berjalan di pantai itulah kami mengingat hal yang sangat penting, yang saya yakini sangat penting dalam keseluruhan proses ini, dan itu adalah membiarkan Tuhan bertindak, bukan untuk memasukkan Tuhan ke dalam rencana kita, tetapi untuk menjadi bagian dari rencana-Nya.”

“Jadi, ubahlah cara Anda berdoa. Ini bukan tentang berdoa agar Tuhan melakukan apa yang Anda inginkan, tapi tentang berdoa untuk memahami apa yang Tuhan ingin Anda lakukan.”

Ayah Jimena menjelaskan bahwa saat itulah ia dan anaknya memahami, bahwa mereka harus mengadakan Novena Bunda Maria Ratu Salju yang puncaknya pada 5 Agustus 2022.

Pendapat para Dokter

Sekembalinya dari Portugal, Jimena mengunjungi dokter yang telah memantau kasusnya selama beberapa tahun terakhir.

“Saya tidak bisa menjelaskannya kepadanya (dokter-red), saya sangat emosional. Dan kemudian seorang dokter juga mengatakan, hal itu tidak akan terjadi dalam sekejap,” Jimena menceritakan.

“Pada dasarnya dia (dkter-red) mengatakan kepada kami bahwa dia tidak mempunyai penjelasan logis; bahwa secara medis, Jimena dapat disembuhkan sedikit demi sedikit pada saat ia berusia 40 atau 45 tahun.”

Ayah Jimena berkata bahwa pertemuan dengan dokter merupakan pertemuan yang sangat menyenangkan. Semua perawat sangat senang melihatnya dan memeluknya. Mereka melakukan semua tes lagi dan penyakitnya benar-benar hilang.

Basilika Santa Maria Maggiore. Wikipedia

Ziarah ke Basilika St. Maria Maggiore

Sekembalinya dari Hari Pemuda Sedunia, Jimena menulis surat kepada Paus Fransiskus untuk menceritakan pengalamannya.

Bapa Suci tidak butuh waktu lama untuk menanggapinya dan mendorong dia dan keluarganya untuk berziarah ke Basilika St. Petrus dab Basilika St. Maria Maggiore, juga dikenal sebagai St. Maria Ratu Salju salah satu basilika terpenting di Roma.

Apa yang tidak diketahui Paus Fransiskus adalah bahwa secara takdir keluarga tersebut telah merencanakan perjalanan ini setahun sebelumnya.

“Saya mendapatkan tiketnya pada bulan Januari tahun lalu, beberapa bulan sebelum Jimena sembuh. Kami berasumsi bahwa kami akan pergi ke Roma dengan Jimena yang buta, tapi lihat… ” kata ayahnya trenyuh.

Pertemuan khusus dengan Paus Fransiskus

Selama perjalanan mereka ke Kota Abadi, yang menjadi ziarah rasa syukur kepada Perawan Maria, keluarga tersebut mengadakan pertemuan pribadi dengan Bapa Suci. Mereka juga berpartisipasi dalam Misa yang dipersembahkannya pada tanggal 1 Januari 2024 pada Hari Raya Maria Bunda Allah.

Ayah Jimena mengenang bahwa setiap orang “terpikat” oleh Paus Fransiskus, yang menerima mereka selama lebih dari satu jam di Basilika Santo Petrus, Vatikan, dengan kedekatan dan keakrabannya yang khas.

Ayah Jimena mengatakan bahwa Paus memberi mereka banyak nasihat dan mendorong mereka “untuk menuliskan semua kesaksian Jimena secara tertulis dan menghubungi uskup kami di Madrid.”

Mengikuti saran Paus, mereka saat ini sedang menulis kesaksian Jimena dan menunggu tanggapan dari Uskup Agung Madrid, Kardinal José Cobo Cano, yang mereka hubungi beberapa bulan lalu.

Mengenai reaksi para dokter, ayah Jimena mengatakan bahwa Bapa Suci menekankan bahwa komentar medis semacam ini diakui sah dalam proses mukjizat dan sebagainya. Sebab, seperti yang dikatakannya, sangat sulit bagi seorang dokter untuk bisa mengucapkan kata “keajaiban”‘” dengan segenap pengetahuan ilmiahnya.

Jimena dan Perawan Maria

Jimena, yang selama ini membagikan kesaksiannya kepada kelompok-kelompok kecil di Madrid, mengatakan bahwa dia sekarang memiliki “devosi yang besar” kepada Bunda Maria Ratu Salju namun mengakui bahwa dia selalu memiliki ikatan dengan Perawan Maria.

“Saya merasa dia dekat setiap hari.”

Dia juga mengatakan bahwa dia memiliki kasih sayang yang istimewa padanya.

“Karena pada akhirnya, dalam segala hal yang terjadi pada saya, saya selalu sangat bergantung pada Perawan Maria, terutama karena tampaknya lebih mudah bagi saya untuk berpegang pada rosario. “

Ayahnya menekankan bahwa Jimena telah mampu memahami bahwa “dia bukanlah tokoh utama dalam semua ini, namun dia memiliki anugerah yang jauh melebihi orang lain dan merupakan tanggung jawabnya untuk bermurah hati.

“Sejak keajaiban 5 Agustus tahun lalu, mereka meminta kami untuk bergabung dalam novena untuk menyembuhkan orang, dan kami bergabung dengan mereka semua. Tapi kami melakukannya secara anonim, karena menurut saya akan berdampak buruk jika orang mengira Jimena punya kekuatan tertentu. Hal lainnya adalah Jimena mungkin memiliki iman yang luar biasa dan kehidupan batin yang sangat hebat, tapi itu adalah urusan pribadinya,” kata ayahnya.

Ia menekankan bahwa adalah suatu kesalahan untuk berpikir bahwa, tiba-tiba, seseorang memiliki “kekuatan” karena telah menerima “hadiah”. Ini adalah dua hal yang sangat berbeda.

“Saya percaya salah satu hal indah yang juga merupakan anugerah dari Bunda Maria adalah bisa membagikan pengalamannya dalam kesaksian pribadi dan tatap muka sehingga orang lain bisa mendekatkan diri kepada Tuhan.”

Ayah remaja putri tersebut mencatat bahwa ada banyak mukjizat dalam Injil yang penerimanya adalah orang-orang yang namanya tidak pernah diketahui. Selain itu, ia menekankan bahwa saat ini terdapat banyak mukjizat dan bahwa mukjizat Jimena menjadi lebih penting karena Perawan Maria menghendakinya.

“Kamu harus menyerahkannya padanya. Dia (Perawan Maria) adalah orang yang membawa kita ke seluruh penjuru dunia. Tidak mungkin kami merencanakan dengan anggaran publisitas yang besar untuk mencapai sejauh mana cerita ini,” ujarnya.

Ekaristi adalah mukjizat yang jauh lebih besar

Bagi Jimena, Ekaristi pada akhirnya adalah mukjizat yang jauh lebih besar.

“Tampak bagi saya bahwa inilah saat di mana kita paling dekat dengan Surga di dunia ini, karena pada akhirnya kita bersatu dengan Tuhan. Jadi, saya mencoba menghadiri Misa kapan pun saya bisa,” ujar Jimena.

Jimena berkata sambil tersenyum bahwa, sebelum penglihatannya pulih, dia memiliki daftar buku yang ingin seseorang membaca untuknya. Namun kini ia dapat membacanya sendiri. (AES)

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini