34 C
Jakarta
Monday, May 20, 2024

Mgr Hironomus Pakaenoni Ditahbiskan Menjadi Uskup Agung Kupang

BERITA LAIN

More
    Mgr. Hironimus Pakaenoni ditahbiskan menjadi Uskup Agung Kupang di Katedral Kristus Raja Kupang, Kamis 9 Mei 2024. Komsos KAK

    KUPANG, Pena Katolik – Mgr. Hironimus Pakaenoni ditahbiskan menjadi Uskup Agung Kupang di Katedral Kristus Raja Kupang, Kamis 9 Mei 2024. Ia secara resmi telah memimpin Gereja Katolik di Keuskupan Agung Kupang menggantikan Mgr. Petrus Turang.

    Nunsio Apostolik untuk untuk Indonesia, Mgr Piere Pioppo memimpin upacara tahbisan ini. Ia didampingi Mgr. Petrus Turang dan Mgr. Dominikus Saku.

    Dalam refleksinya, Mgr. Petrus Turang berpesan untuk membimbing umat Keuskupan Agung Kupang dengan tanggung jawab. Uskup sebagai gembala yang terluka yang memerlukan pemulihan bersama kawanan yang dipercayakan kepadanya dan gembala hendaknya juga murah hati.

    “Agar kehadiran uskup sejatinya memekarkan kemerdekaan anak-anak Allah untuk bersaksi tentang belas kasih Allah,” ujar Mgr. Petrus Turang.

    Sementara itu di akhir Misa, Mgr. Hironimus menyampaikan pertanyaan utama ketika menerima sebagai gembala umat adalah “Apakah kita mencintai Yesus?” Dari pertanyaan ini, seakan memunculkan perintah selanjutkan, “Berilah makan domba-domba-Ku!

    Mgr. Hironimus mengatakan jawaban dari perintah ini adalah dengan pelayanan sabda dan melalui pelayanan sakramen-sakramen, khususnya Sakramen Mahakudus. Kata-kata firman yang setiap hari disampaikan gembala kepada kawanan domba sesungguhnya menjadi daging dan tinggal di antara kita.

    “Dialah Roti Hidup yang turun dari Surga, barangsiapa makan Roti Ini, ia akan hidup selama lamanya,” kata Mgr. Hironimus.

    Mengawali tugasnya menjadi Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus menyadari bahwa sebagai uskup, ia adalah gembala yang perlu menyadari tugasnya yang harus dikerjakan bersama-sama dengan para imam.

    “Kita akan selalu berjalan bersama,” ujarnya.

    Mgr. Hironimus Pakaenoni dalam Vesper Agung menjelang Tahbisan Uskup Kupang di Katedral Kristus Raja Kupang. IST

    Sehari sebelumnya, Mgr. Hironimus mengikrarkan janji setia dalam Vesper Agung yang dipimpin Uskup Weetebula, Mgr. Edmund Woga CSsR di Katedral Kristus Raja Kupang. Dalam sumpahnya, Mgr. Hironimus menyampaikan kesetiannya kepada Gereja Katolik dan Bapak Suci.

    “Saya akan menghormati pelaksanaan bebas keklimatan Bapak Suci atas Gereja Universal dan akan berupaya memajukan dan mempertahankan hak-hak serta kewibawaannya. Saya juga akan mengakui dan menghormati prerogative dan tugas-tugas para Legati Bapak Suci yang bertindak inpersona Bapak Suci sebagai Gembala utama,” ucap Mgr. Hironimus Pakaenoni.

    Pada kesempatan ini, diberkati insignia uskup yang akan dikenakan oleh Mgr. Hironimus selama memimpin menjadi Uskup Agung Kupang. (AES)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI